Kompas TV nasional berita kompas tv

Jateng Ekspor Produk Ikan Senilai Rp 72 Miliar

Sabtu, 23 November 2019 | 15:17 WIB

Ekspor raya produk perikanan jawa tengah ini dilepas langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di depan kantor badan karantina ikan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, BKIPM Semarang. Hasil perikanan Jawa Tengah ini akan diekspor ke beberapa negara tujuan, di antaranya Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Italia, dan beberapa negara di kawasan Asia lainnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan akan terus melakukan peningkatan baik jumlah, mutu dan kualitas. Ia juga menyatakan, pemerintah akan memfasilitasi unit pengolahan ikan, untuk meningkatkan produksi perikanan di Jawa Tengah.

Beberapa jenis produk perikanan menjadi komoditas yang diekspor pada periode ekspor raya kali ini. Selain daging rajungan, tenggiri, cumi, kerang batik dan hasil laut lainnya, ada juga ikan air tawar jenis ikan nila. Ada 50 truk kontainer pengangkut hasil perikanan yang berasal dari 15 unit pengolahan ikan, yang diekspor provinsi Jawa Tengah.


Sebagai wilayah yang mempunyai kawasan perairan yang cukup luas, provinsi Jateng memiliki potensi luar biasa dalam ekstor perikanan. Total volume perikanan tangkap di jateng berada di urutan 8 secara nasional sebesar 274.469 ton dengan nilai mencapai 8,75 triliun rupiah. Sementara untuk perikanan budidaya, Jawa Tengah berada di urutan ke 5 nasional, dengan total volume 485.689 ton dengan nilai mencapai 10,32 triliun rupiah. Ini menjadi aset yang dapat ditawarkan untuk dikelola oleh investor.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:39
PEMPROV DAN DPRD JABAR MENYETUJUI 3 CALON DAERAH PERSIAPAN OTONOM BARU UNTUK DIAJUKAN KE PEMERINTAH PUSAT   BAWASLU AKAN AWASI PROSES PEMILIHAN PILKADA 2020 UNTUK PASIEN KORONA   BAWASLU: ADA 2.126 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM 2 BULAN TERAKHIR MASA KAMPANYE PILKADA 2020   BAWASLU: DALAM 60 HARI, ADA 91.640 KEGIATAN KAMPANYE TATAP MUKA   POLRI KIRIM 3.100 PERSONEL BRIMOB NUSANTARA KE 8 WILAYAH UNTUK AMANKAN PILKADA 2020   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA TNI DAN POLRI KERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PILKADA 2020   KEMENTERIAN ESDM MENYATAKAN TARIF LISTRIK UNTUK JANUARI-MARET 2021 TIDAK NAIK   KEMENAG: TAMBAHAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH RP 889 M UNTUK MADRASAH CAIR SEBELUM 20 DESEMBER 2020   PENGAMBILAN RAPOR MURID MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, TERTUNDA LANTARAN 30 KARYAWAN DAN GURU POSITIF KORONA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MERUPAKAN PRODUSEN KOPI TERBESAR KEEMPAT DI DUNIA SETELAH BRASIL, VIETNAM, DAN KOLOMBIA   PRESIDEN JOKOWI MELEPAS EKSPOR PRODUK RI KE PASAR GLOBAL SENILAI RP 23,7 TRILIUN   PRESIDEN JOKOWI: MASIH BANYAK POTENSI PASAR EKSPOR YANG BELUM TERGARAP   PRESIDEN JOKOWI AKUI EKSPOR INDONESIA MASIH TERTINGGAL DARI VIETNAM   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN DALAM MENANGKAP PELUANG EKSPOR BAHAN & PRODUKSI DALAM NEGERI