Kompas TV nasional sapa indonesia

Tumbuhkan Budaya Literasi, Polisi Dirikan Rumah Baca Untuk Anak Nelayan

Kompas.tv - 15 November 2019, 16:03 WIB

Bripka Thomas Radiena bertugas sebagai anggota propam di Polres Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur. Diantara tugas-tugas kepolisiannya Bripka Thomas menyimpan keprihatinan mengenai gawai yang membuat anak-anak enggan melakukan aktivitas fisik. Anak-anak juga jauh dari kegiatan literasi.

Bersama istrinya Bripka Thomas mendirikan Rumah Baca Batu Piak. Rumah baca ini didedikasikan bagi anak-anak di permukiman nelayan di Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Sepulang sekolah anak-anak dari usia 4 hingga 12 tahun menyerbu buku-buku di rumah baca ini. Maklum saja di siang hari sebagian besar anak-anak ini ditinggal orangtuanya untuk bekerja. Rumah Baca Batu Piak pun menjadi ruang bermain anak yang nyaman.

Dalam mengelola taman baca Bripka Thomas bekerja sama dengan Kodim 1604 Kupang. Sejak usia dini anak-anak diberikan wawasan kebangsaaan dan bela negara. Sinergi manis ini dilakukan demi pembentukan anak-anak yang akrab dengan budaya literasi dan cinta tanah air.

Rumah Baca Batu Piak berdiri pada 9 April 2019 memanfaatkan halaman rumah Bripka Thomas. Selain buku pelajaran anak-anak juga bisa membaca beragam buku mulai pengetahuan umum hingga buku cerita. Buku-buku di rumah baca ini berasal dari sumbangan para pegiat literasi.

#RumahBacaBatuPiak #AnakNelayan #Polisi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x