Kompas TV nasional berita kompas tv

Mahfud MD Minta Rizieq Kirim Copy (Surat Cekal)-nya

Kompas.tv - 11 November 2019, 12:14 WIB
Penulis : Deni Muliya | Editor : Idham Saputra

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan tidak pernah mengirimkan surat cegah atau tangkal terhadap Pimpinan Front Pembela Islan (FPI) Rizieq Shihab kepada pemerintahan Arab Saudi.

Ungkapan itu disampaikan Mahfud MD merespon pernyataan Rizieq Shihab yang menyatakan ada surat tangkal dari Pemerintah Indonesia yang ditujukan kepada Pemerintah Arab Saudi sehingga ia tak bisa pulang ke tanah air.

Dari sebuah video yang tersebar di YouTube, Rizieq bahkan memperlihatkan sebuah surat yang disebutnya sebagai surat cekal atau pencekalan.

"Sampai saat ini nggak ada (surat cekal). Saya berkantor di sini sudah tiga minggu, nggak ada," ujar Mahfud kepada awak media di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Mahfud MD meminta Rizieq mengirimkan surat yang dinyatakan sebagai surat pencekalan itu.

Ia ingin memeriksa langsung keaslian surat yang dimaksud Rizieq sebagai surat cegah atau tangkal resmi dari Pemerintah Indonesia.

“Saya tidak tahu itu suratnya, suruh kirim ke sayalah. Kok hanya ada di TV gitu. Saya ingin tahu itu surat bener kayak apa, surat resmi atau berita koran atau apa, kan kita cuma diginikan di medsos,” tutur Mahfud.

“ Coba suruh kirim copy-nya ke saya, saya ingin tahu,” ujar Mahfud.

Sebelumnya Rizieq menyatakan tak bisa pulang dari Arab Saudi ke Indonesia karena ditangkal oleh pemerintah untuk masuk ke tanah air.

Ia menyatakan Pemerintah Indonesia mengirimkan surat pencekalan kepada Pemerintah Arab Saudi agar dirinya tak diperbolehkan pulang karena alasan keamanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x