Kompas TV nasional berita kompas tv

Amber Perhiasan Khas Kota Gdansk, Kota Tua Penuh Nilai Sejarah

Kompas.tv - 26 Oktober 2019, 14:16 WIB

Berjarak 340 kilometer dari ibu kota Polandia, Warsawa, Kota Gdansk menyimpan berjuta pesona dan keindahan paling mudah terlihat adalah bentuk bangunan bernuansa klasik yang berbalutkan warna warni yang cerah khas benua Eropa. Yang tak kalah mempesona adalah amber perhiasan yang dihasilkan kota di bagian utara Polandia ini.

Bongkahan amber justru berasal dari getah pohon yang ketika pohon tersebut mati tertutup menjadi endapan di dalam tanah selama berabad-abad lalu seiring waktu proses kimia yang terjadi dan pergerakan tanah serta gletser membuat getah amber mengeras membentuk semacam batuan padat. Meski mengalami proses kimia tidak membuat warna khas amber yang sebagian besar berawarna kuning keemasan tidak hilang.

Namun tidak semua amber berwarna kuning amber juga memiliki warga hitam kombinasi warna emas dan hitam ini menjadikan amber unik dan khas karena itulah amber sangat menarik untuk dijadikan perhiasan dan aksesoris berupa rangkaian kalung gelang anting-anting bahkan beberapa hiasan untuk tempat tinggal.

#Amber #Gdansk #Polandia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x