Kompas TV nasional berita kompas tv

Susunan Menteri Jokowi Sudah Rampung

Kompas.tv - 17 Oktober 2019, 16:52 WIB
Penulis : Deni Muliya | Editor : Idham Saputra

Rancangan susunan menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid dua di beberapa media sosial bertebaran. Susunannya bermacam-macam dari berbagai versi. Entah ini versi siapa saja dan berasal dari sumber yang valid atau bukan. Tapi, yang pasti, hari ini, Kamis (17/10/2019), Presiden Joko Widodo atau Jokowi mulai menanggapinya.

Lewat akun Twitter-nya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa dirinya sudah membaca beberapa versi “bocoran” menteri kabinet periode 2019-2024 dengan antusias.

“Kalau-kalau itu benar adalah bocoran,” kata Jokowi, seperti yang tertuang dalam akun Twitter-nya.

“Yang jelas, susunan kabinet sudah rampung. Saya umumkan segera setelah pelantikan Presiden pada 20 Oktober, bisa hari yang samaatau setelahnya,” tuturnya, menambahkan.

Beberapa politisi dari partai politik koalisi Jokowi-Ma`ruf Amin saat dimintai tanggapannya oleh reporter KompasTV mengaku belum tahu pasti nama-nama calon menteri yang sudah disusun Jokowi.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengungkapkan, susunan kabinet sudah rampung dibuat oleh Jokowi. Bahkan Jokowi telah menginformasikan kepada para ketua umum parpol koalisi terkait jumlah kursi menteri.

Namun Arsul Sani belum mau menjelaskannya. “Pak Jokowi tidak memberitahukan nama-nama pengisi kursi menterinya,” kata Arsul.

Bagi Sekjen Partai Nasdem, Jhonny G Plate, penentuan nama menteri adalah hak prerogatif presiden.

“Kami berikan hak sepenuhnya kepada presiden,” ujarnya.

Terkait unggahan Jokowi di media sosial tersebut, Jhonny menilai, itu artinya Jokowi memberikan kepastian kepada publik. Jokowi sudah siap mengumumkan kepada publik nama-nama menteri yang akan membantunya dalam menjalankan roda pemerintahannya lima tahun ke depan.

“Jokowi akan mengumumkannya setelah pelantikan pada 20 Oktober nanti,” ujarJhonny.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x