Kompas TV nasional kompas dunia

Kazakhstan Rujukan Indonesia untuk Pemindahan Ibu Kota

Sabtu, 28 September 2019 | 07:27 WIB

Pasca melakukan pemindahan ibu kota dari Almaty ke Astana dan melakukan perubahan nama ibu kota menjadi Nur-Sultan Kazakhstan kini memiliki tujuan baru ke depan, yaitu menerapkan energi terbarukan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya alam yang dimiliki.

Kesuksesan pemindahan ibu kota ini bermula dari ketegasan presiden pertama Kazakhstan Nursultan Narbayev. Pemindahan dan pergantian nama ibu kota memakan waktu lebih dari 10 tahun. Tahapan pemindahan ibu kota dimulai sejak tahun 1997

Tak sekadar memindahkan secara fisik, pemerintah kazakhstan juga memikirkan ketersediaan energi yang tak lagi bergantung pada energi fosil.

Wakil Menteri Luar Negeri Kazakhstan Roman Vasilenko menyatakan sebanyak 30% energi di ibukota baru berasal dari angin dan hidro energy. Langkah ini merupakan kebijakan jangka panjang yang masuk dalam perencanaan pembangunan ibu kota Nur-Sultan.

Duta besar Indonesia untuk Kazakhstan Rahmat Pramono menyatakan, program tersebut dapat menjadi salah satu rujukan baru untuk merancang pembangunan ibu kota baru untuk Indonesia. Rahmat menambahkan hal penting yang perlu dipraktikkan oleh pemerintah indonesia dalam rencana pemindahan ibukota adalah komitmen dalam menjaga dan mengaplikasikan rancangan jangka panjang pembangunan kota tersebut.

Belajar dari pengalaman yang dialami oleh Kazakhstan kunci terlaksananya pemindahan ibu kota ada di tangan pemerintah. Selanjutnya pematangan program pembangunan dan konsistensi penuh dalam penerapan program menjadi bagian penting lainnya bagi pelaksanaan pemindahan ibu kota .

#Pemindahanibukota #Kazakhstan #Indonesia

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:36
IDI MENILAI TES USAP MANDIRI PERLU DILAKUKAN UNTUK PERLUAS PELACAKAN COVID-19    MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENYATAKAN PEMERINTAH MENYIAPKAN RP 21,8 TRILIUN UNTUK PROSES VAKSINASI COVID-19    HINGGA 28 SEPTEMBER 2020, RS DARURAT WISMA ATLET RAWAT 4.636 PASIEN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI SIAPKAN PERPRES VAKSIN COVID-19   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   PEMKOT DAN BAWASLU MATARAM, NTB, TANDA TANGANI MOU NETRALITAS ASN DALAM PILKADA   MENHUB BUDI KARYA SUMADI NILAI PT KAI BERKEMBANG IKUTI PERUBAHAN ZAMAN DENGAN PRINSIP "CUSTOMER ORIENTED"   PEMKOT BATAM BUKA FASILITAS ISOLASI MANDIRI VIP PASIEN COVID-19   KEMENKOP DAN UKM GULIRKAN PROGRAM MAGANG UNTUK CETAK WIRAUSAHA BARU   SATGAS COVID-19 GENCARKAN KAMPANYE PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT TAATI PROTOKOL KESEHATAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO USUL ACEH DAN BALI MASUK PROVINSI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19   PEMERINTAH SIAPKAN TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KPU KLAIM METODE KOTAK SUARA KELILING BISA JAMIN RAHASIA SUARA PEMILIH   KPU USUL METODE PEMUNGUTAN SUARA TAMBAHAN DI PILKADA BERUPA KOTAK SUARA KELILING