HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / kompas dunia

Kazakhstan Rujukan Indonesia untuk Pemindahan Ibu Kota

Sabtu, 28 September 2019 | 07:27 WIB

Pasca melakukan pemindahan ibu kota dari Almaty ke Astana dan melakukan perubahan nama ibu kota menjadi Nur-Sultan Kazakhstan kini memiliki tujuan baru ke depan, yaitu menerapkan energi terbarukan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya alam yang dimiliki.

Kesuksesan pemindahan ibu kota ini bermula dari ketegasan presiden pertama Kazakhstan Nursultan Narbayev. Pemindahan dan pergantian nama ibu kota memakan waktu lebih dari 10 tahun. Tahapan pemindahan ibu kota dimulai sejak tahun 1997

Tak sekadar memindahkan secara fisik, pemerintah kazakhstan juga memikirkan ketersediaan energi yang tak lagi bergantung pada energi fosil.

Wakil Menteri Luar Negeri Kazakhstan Roman Vasilenko menyatakan sebanyak 30% energi di ibukota baru berasal dari angin dan hidro energy. Langkah ini merupakan kebijakan jangka panjang yang masuk dalam perencanaan pembangunan ibu kota Nur-Sultan.

Duta besar Indonesia untuk Kazakhstan Rahmat Pramono menyatakan, program tersebut dapat menjadi salah satu rujukan baru untuk merancang pembangunan ibu kota baru untuk Indonesia. Rahmat menambahkan hal penting yang perlu dipraktikkan oleh pemerintah indonesia dalam rencana pemindahan ibukota adalah komitmen dalam menjaga dan mengaplikasikan rancangan jangka panjang pembangunan kota tersebut.

Belajar dari pengalaman yang dialami oleh Kazakhstan kunci terlaksananya pemindahan ibu kota ada di tangan pemerintah. Selanjutnya pematangan program pembangunan dan konsistensi penuh dalam penerapan program menjadi bagian penting lainnya bagi pelaksanaan pemindahan ibu kota .

#Pemindahanibukota #Kazakhstan #Indonesia

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
03:22
GANDA PUTRA INDONESIA WAHYU NAYAKA ARYA PANGKARYANIRA/ ADE YUSUF SANTOSO MAJU KE PEREMPAT FINAL SEA GAMES 2019   DINAS KEHUTANAN SUMSEL IMBAU WARGA UNTUK TIDAK MELAKUKAN AKTIVITAS PERKEBUNAN DI DALAM HABITAT HARIMAU    JEJAK HARIMAU SUMATERA DITEMUKAN DI DEKAT PERMUKIMAN WARGA DESA KUALU NENAS, KABUPATEN KAMPAR, RIAU   OMBUDSMAN SUMUT: PEMKAB SIMALUNGUN RAIH PREDIKAT PELAYANAN PUBLIK TERBURUK 2019   ASOSIASI TRAVEL AGENT INDONESIA: PEMECATAN ARI ASKHARA SEBAGAI DIRUT GARUDA INDONESIA ADALAH TINDAKAN TEPAT   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO: PROYEK PEMBANGUNAN "FLYOVER" SIMPANG GAPLEK PAMULANG SUDAH 20%   PT MRT JAKARTA SIAP JIKA DITUGASKAN MENGERJAKAN PROYEK PERPANJANGAN RUTE HINGGA TANGERANG SELATAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA SELURUH PEMDA CERMATI NAIKNYA TITIK API UNTUK CEGAH TERJADINYA KARHUTLA   WAMENAG ZAINUT TAHUHID SA'ADI PASTIKAN KEMENAG BERPIHAK KEPADA KORBAN PENIPUAN FIRST TRAVEL   SOAL FIRST TRAVEL, WAMENAG ZAINUT TAUHID SA'ADI AKAN MEMFASILITASI AGAR UANG JEMAAH KEMBALI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA ANGGARKAN POS KHUSUS UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA DALAM APBD   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT DIRUT BANK MANDIRI YANG BARU BERASAL DARI KALANGAN INTERNAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENGANTONGI NAMA YANG AKAN DITUNJUK SEBAGAI DIRUT BANK MANDIRI    WAPRES MA'RUF AMIN: 10% PANGSA PASAR PRODUK HALAL DI DUNIA ADA DI INDONESIA DENGAN TOTAL 214 MILIAR DOLLAR AS