Kompas TV nasional sapa indonesia

DIALOG - Anak 9 Tahun Dirantai Orang Tua Kandung (1)

Kompas.tv - 21 September 2019, 21:10 WIB

Video seorang anak yang baru berusia 9 tahun dirantai oleh orangtuanya sendiri viral di media sosial. Bocah malang ini dirantai karena tidak membawa uang hasil mengemis saat pulang ke rumah.

Inilah disaat anggota TNI dan sejumlah warga menyelamatkan anak berusia 9 tahun yang dieksploitasi di kota Lhoksumawe Aceh. Kami sengaja mengaburkan wajah sang anak untuk melindungi identitasnya.

Melalui akun facebook Yuni Rusmini anggota TNI ini mendapati sang bocah sedang dirantai oleh orangtuanya sendiri.

Awalnya sang anak merasa takut. Namun setelah diyakinkan anggotaTNI akhirnya bocah malang ini mengaku sering dipukuli orang tuanya jika tak membawa pulang uang hasil mengemis.

Setelah dilaporkan ke Polisi kini kedua orangtua sang bocah ditetapkan sebagai tersangka. Dalam program Kompas Petang sebelumnya polisi menyebut orangtua sang anak dijerat pasal berlapis tentang perlindungan anak.

Sementara itu Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI menyayangkan kasus eksploitasi terhadap anak di kota Lhoksemawe Aceh. KPAI menegaskan hak asuh kedua orangtua bisa dicabut jika terbukti mengeksploitasi anak.

Untuk memulihkan kondisi kejiwaan kini sang anak sudah berada di tangan dinas sosial setempat. Sementara orangtua sang anak kini terancam hukuman pidana penjara 10 tahun.

#Eksploitasianak #KPAI #Anak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x