Kompas TV nasional berita kompas tv

Presiden Curigai Kebakaran Lahan Terorganisasi

Kompas.tv - 18 September 2019, 12:20 WIB

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di desa Rimbo Panjang kabupaten Kampar Riau nyaris membakar rumah warga. Api yang menjalar dari semak belukar meluas dan mendekati permukiman warga akibat angin kencang.

Pemilik rumah yang nyaris terbakar langsung berupaya menyelamatkan sejumlah peralatan rumah tangganya. Petugas langsung memadamkan api yang mengarah ke permukiman warga dan mengevakuasi sejumlah keluarga karena asap mulai pekat.

Melihat secara langsung luasan lahan yang terbakar di Riau Presiden Joko Widodo menduga kebakaran hutan dan lahan yang besar dan meluas di beberapa daerah di provinsi Riau seperti ada kesengajaan dan terorganisasi.

Jokowi pun memerintahkan Polri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan menangani kasus-kasus karhutla. Usai melaksanakan Shalat Istisqa di Masjid Amrullah Kompleks Pangkalan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Riau Presiden meninjau lokasi kebakaran lahan di desa Merbau Pelalawan.

Jokowi berharap masing-masing pihak menjalankan komitmen pencegahan karhutla supaya peristiwa ini tidak kembali terjadi. Komitmen semua pihak untuk mencegah karhutla harus dijaga karena pencegahan lebih efektif dibandingkan dengan penanggulangan kebakaran terutama di lahan gambut.

#jokowi #kebakaran #riau



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x