HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

DIALOG - Darurat Kabut Asap di Riau dan Kalimantan [1]

Senin, 16 September 2019 | 13:50 WIB

Kabut asap masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau. Tidak hanya mengganggu aktivitas berkendara, kabut asap juga telah berdampak pada kesehatan warga. Terbanyak mengalami gangguan kesehatan adalah pasien anak.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Pekanbaru merilis ada 4 kabupaten dan kota di Riau terpapar kabut asap. Akibat pekatnya kabut asap, puluhan warga terpaksa mengungsi ke posko kesehatan.

Pasien yang datang sebagian besar adalah perempuan dan anak. Untuk membantu pasien yang kesulitan bernafas, tim medis memberikan oksigen serta alat nebulizer yang berfungsi untuk memasukkan obat dalam bentuk uap ke dalam paru-paru.

Berbagai upaya untuk menangani kebakaran hutan dan lahan serta mencegah munculnya kabut asap telah dilakukan pemerintah dan sejumlah pihak terkait. Namun kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang meliputi wilayah Sumatera dan Kalimantan justru dikabarkan semakin pekat sehingga mengganggu aktivitas warga maupun penerbangan di sejumlah bandara. Lalu apa yang salah dengan penanganannya selama ini?

KompasTV membahasnya bersamaManajer Kampanye Keadilan Iklim Walhi, Yuyun Harmono dan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles Brotestes Panjaitan.

#KebakaranHutan #Riau #Kalimantan

Penulis : Idham Saputra | Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:05
MENLU AMERIKA SERIKAT MIKE POMPEO: HONG KONG TAK LAGI JADI DAERAH OTONOM DI DARATAN UTAMA TIONGKOK   DITRESKRIMSUS POLDA JAMBI GAGALKAN UPAYA PENYELUNDUPAN BENIH LOBSTER KE MALAYSIA SENILAI RP 6,73 MILIAR   PEMKOT SEMARANG TINGKATKAN "RAPID TEST" MASSAL KORONA DI SEJUMLAH WILAYAH JELANG PENERAPAN "NEW NORMAL"   RESMI TAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT TASIKMALAYA, JABAR, AKAN TERAPKAN "NEW NORMAL" MULAI 1 JUNI 2020   PEMKAB BANYUMAS, JATENG, BERENCANA MEMBUKA TEMPAT IBADAH SECARA BERTAHAP MULAI JUNI 2020   KETUA KODE INISIATIF VERI JUNAIDI NILAI PEMERINTAH TAK REALISTIS JIKA MELAKSANAKAN PILKADA PADA DESEMBER 2020   MENPAREKRAF WISHNUTAMA JANJIKAN BANYAK PROMO DAN PAKET WISATA JIKA "NEW NORMAL" BERLAKU   PEMERINTAH INDIA TETAP MENYIAPKAN DIRI UNTUK AJANG PIALA DUNIA PUTRI U-17 PADA 17 FEBRUARI-7 MARET 2021   KADIS PEKERJAAN UMUM PROVINSI MALUKU POSITIF TERINFEKSI KORONA DENGAN STATUS OTG   STATUS TANGGAP DARURAT KORONA DI BANYUMAS, JATENG, DIPERPANJANG HINGGA 30 JUNI 2020   SATPOL PP, POLISI, DAN DISHUB BERJAGA DI PERBATASAN KOTA BEKASI UNTUK AWASI WARGA DARI LUAR DAERAH   PEMKOT BEKASI TEGASKAN MASYARAKAT DARI LUAR DAERAH YANG TAK MEMILIKI SIKM DILARANG MASUK KOTA BEKASI   KABAG PENUM DIVISI HUMAS POLRI: PELAYANAN SIM, STNK, DAN BPKB MASIH DITUTUP HINGGA 29 JUNI 2020   PEMERINTAH: PENAMBAHAN KASUS KORONA DI JAKARTA DIDOMINASI PEKERJA MIGRAN YANG TIBA DI INDONESIA