Kompas TV nasional sapa indonesia

DIALOG - Darurat Kabut Asap di Riau dan Kalimantan [1]

Kompas.tv - 16 September 2019, 13:50 WIB

Kabut asap masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau. Tidak hanya mengganggu aktivitas berkendara, kabut asap juga telah berdampak pada kesehatan warga. Terbanyak mengalami gangguan kesehatan adalah pasien anak.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Pekanbaru merilis ada 4 kabupaten dan kota di Riau terpapar kabut asap. Akibat pekatnya kabut asap, puluhan warga terpaksa mengungsi ke posko kesehatan.

Pasien yang datang sebagian besar adalah perempuan dan anak. Untuk membantu pasien yang kesulitan bernafas, tim medis memberikan oksigen serta alat nebulizer yang berfungsi untuk memasukkan obat dalam bentuk uap ke dalam paru-paru.

Berbagai upaya untuk menangani kebakaran hutan dan lahan serta mencegah munculnya kabut asap telah dilakukan pemerintah dan sejumlah pihak terkait. Namun kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang meliputi wilayah Sumatera dan Kalimantan justru dikabarkan semakin pekat sehingga mengganggu aktivitas warga maupun penerbangan di sejumlah bandara. Lalu apa yang salah dengan penanganannya selama ini?

KompasTV membahasnya bersamaManajer Kampanye Keadilan Iklim Walhi, Yuyun Harmono dan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles Brotestes Panjaitan.

#KebakaranHutan #Riau #Kalimantan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x