Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kreatif! Kolam Ikan dari Botol Plastik Bekas

Rabu, 11 September 2019 | 16:24 WIB

Banyaknya sampah botol plastik bekas minuman kemasan maupun mineral, sekelompok siswa SMKN 2, Jember, Jawa Timur, berhasil memanfaatkannya menjadi kolam ikan portabel.

Seperti namanya, kolam ikan portabel ini dapat berpindah tempat sesuai keinginan dan juga peluang usaha budidaya ikan kolam di lahan yang sempit.

Pembuatan kolam ikan portabel ini sangat mudah karena sampah botol plastik yang telah terkumpul dimasukkan ke dalam kardus bekas hingga penuh diikat kuat kemudian dirangkai menjadi bentuk persegi atau sesuai keinginan.

Ukuran rangkaian botol plastik dapat dibuat sesuai kebutuhan berapa luas yang akan dijadikan kolam ikan. Rangkaian botol yang telah diikat dan dirangkai menjadi bentuk persegi, kemudian di tutup dengan bahan plastik terpal untuk wadah air.

Untuk menghindari kebocoran air, terpal plastik diberi lapisan plastik yang lebarnya sesuai dengan ukuran kolam ikan portabel tersebut. Untuk kolam ikan portabel berukuran satu meter kali dua meter dapat digunakan pembesaran atau budidaya ikan gurami hingga mencapai 200 ekor.

#KolamIkanPortabel #BotolPlastik #KreasiBotolBekas

Penulis : Desy Hartini


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:06
PEMBANGUNAN TOL INDRALAYA-PRABUMULIH TELAH MENCAPAI 25%, TARGET TUNTAS 2022   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, AKAN TERAPKAN SEKOLAH TATAP MUKA PADA AWAL FEBRUARI 2021   SRI SULTAN HB X PECAT 2 ADIKNYA DARI JABATAN DI KERATON KARENA SUDAH TAK AKTIF SELAMA 5 TAHUN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: INDONESIA TELAH MENGUNCI 600 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19   TIM SAR TERIMA 3 KANTONG SERPIHAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 DARI TNI AL   SERAPAN APBN 2020 KEMENTERIAN PUPR SEBESAR RP 97,4 TRILIUN DARI TOTAL PAGU ANGGARAN RP 103,78 TRILIUN   KOMISI IV DPR MINTA BEA CUKAI HENTIKAN EKSPOR BENIH LOBSTER   TEMUI PIMPINAN KPK, MENPAREKRAF SANDIAGA UNO BAHAS KERJA SAMA PENGELOLAAN ANGGARAN KEMENTERIAN   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) PROYEKSIKAN 100.000 PEKERJA INDUSTRI BAJA TERANCAM TERKENA PHK   KRISIS AIR BERSIH DI DESA BESOWO, KEDIRI, TERJADI KARENA TEMPAT PENAMPUNGAN AIR DITERJANG BANJIR BANDANG   SEBANYAK 2.363 KELUARGA DI DESA BESOWO, KEDIRI, MENGALAMI KRISIS AIR BERSIH DALAM DUA PEKAN TERAKHIR   WALI KOTA DEPOK M IDRIS SETUJU USULAN SOAL PANDEMI KORONA JABODETABEK DITANGANI PEMERINTAH PUSAT   SIAGA BANJIR, PEMPROV DKI JAKARTA SIAPKAN 487 POMPA   PEMERINTAH PERSIAPKAN 33 HOTEL DI DKI UNTUK KEPERLUAN ISOLASI MANDIRI GRATIS BAGI PASIEN KORONA TANPA GEJALA