Kompas TV video cerita indonesia

Kreatif! Kolam Ikan dari Botol Plastik Bekas

Kompas.tv - 11 September 2019, 16:24 WIB
Penulis : Desy Hartini

Banyaknya sampah botol plastik bekas minuman kemasan maupun mineral, sekelompok siswa SMKN 2, Jember, Jawa Timur, berhasil memanfaatkannya menjadi kolam ikan portabel.

Seperti namanya, kolam ikan portabel ini dapat berpindah tempat sesuai keinginan dan juga peluang usaha budidaya ikan kolam di lahan yang sempit.

Pembuatan kolam ikan portabel ini sangat mudah karena sampah botol plastik yang telah terkumpul dimasukkan ke dalam kardus bekas hingga penuh diikat kuat kemudian dirangkai menjadi bentuk persegi atau sesuai keinginan.

Ukuran rangkaian botol plastik dapat dibuat sesuai kebutuhan berapa luas yang akan dijadikan kolam ikan. Rangkaian botol yang telah diikat dan dirangkai menjadi bentuk persegi, kemudian di tutup dengan bahan plastik terpal untuk wadah air.

Untuk menghindari kebocoran air, terpal plastik diberi lapisan plastik yang lebarnya sesuai dengan ukuran kolam ikan portabel tersebut. Untuk kolam ikan portabel berukuran satu meter kali dua meter dapat digunakan pembesaran atau budidaya ikan gurami hingga mencapai 200 ekor.

#KolamIkanPortabel #BotolPlastik #KreasiBotolBekas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x