Kompas TV video cerita indonesia

Personil TNI Temukan Potensi Budidaya Madu Lebah Kelulut

Kompas.tv - 9 September 2019, 16:21 WIB
Penulis : Desy Hartini

Seorang personil TNI AU menemukan potensi budidaya madu lebah kelulut di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Meldi menyebut, budidaya madu lebah kelulut berawal ketika dirinya diberikan madu tersebut oleh salah seorang saudara saat berkunjung ke Jakarta. Sebelumnya, Meldi sama sekali tidak mengetahui bahwa jenis lebah kelulut dapat menghasilkan madu.

Atas seizin komandan satuan Radar 213 Tanjungpinang, Meldi diizinkan untuk memanfaatkan perkarangan dan lahan asrama sebagai lokasi untuk budidaya lebah kelulut.

Dari hanya memiliki tiga kandang atau disebut log tempat lebah bersarang pada tahun 2017 yang lalu, kini Meldi telah memiliki sebanyak 62 kandang.

Lebah jenis Trigona Itama yang ada di Bintan ternyata dapat menghasilkan madu yang bisa dipanen 2 kali dalam tiap minggunya. Hasil panen madu kemudian dikemas dalam botol beragam ukuran dan dijual dengan harga mulai dari Rp 100 Ribu untuk ukuran 200 ml hingga Rp 550 Ribu untuk 500 ml.

Kegiatan budidaya lebah kelulut tidak menganggu waktu dinas selaku personil TNI Angkatan Udara karena perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Hhasil penjulan madu dapat menjadi penghasilan tambahan keluarga.

Rencana ke depannya, Meldi berharap pengetahuan tentang budidaya lebah kelulut juga dapat ditularkan pada masyarakat Gunung Demit, Desa Sri Bintan, Kabupaten Bintan yang berada sekitar asrama.

#BudidayaMadu #LebahKelulut #MaduLebahKelulut



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x