Kompas TV video cerita indonesia

Ini 3 Lokasi yang Diusulkan Ridwan Kamil Jadi Ibu Kota Baru Jawa Barat

Kompas.tv - 30 Agustus 2019, 19:15 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan DPRD Jawa Barat sepakat mengkaji wacana pemindahan pusat pemerintahan dan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

Ada 3 lokasi yang diusulkan untuk menggantikan Bandung sebagai Ibu Kota Jawa Barat yaitu, Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat dan sekitar wilayah Rebana seperti Cirebon, Patimban dan Majalengka.

Tegalluar dan Walini masuk ke dalam kawasan pengembangan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta. Sedangkan, wilayah Rebana merupakan wilayah pengembangan ekonomi baru Jawa Barat.

Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat, menurut Emil diperlukan lantaran secara fisik Kota Bandung sudah tak lagi mendukung sebagai pusat pemerintahan provinsi. "Karena pada dasarnya, secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan," ujarnya. Emil juga menilai lokasi kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tak tersentralisasi juga menjadi hambatan. Adapun, kajian soal perencanaan ini akan mulai dilakukan enam bulan ke depan.

#ibukotajabarpindah #bandung #ridwankamil



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x