Kompas TV nasional kompas bisnis

Menanti Fitur Pembayaran Besutan WhatsApp Hadir

Kompas.tv - 26 Agustus 2019, 11:40 WIB

Bisnis dompet digital mewabah di Indonesia. Standar QR code pembayaran yang diluncurkan Bank Indonesia seakan menjadi karpet merah kepastian bisnis sistem pembayaran. Terbaru adalah aplikasi WhatsApp yang diisukan bakal memasukkan fitur pembayaran di Indonesia. Spekulasi berkembang WhatsApp akan menggandeng perusahaan lokal salah satunya Bank Mandiri. Tetapi isu ini dibantah. Apalagi kerja sama Bank Mandiri dengan WeChatPay dan AliPay juga tuntas. Tidak hanya Bank Mandiri yang membantah. Alto Halo Network Digital juga menegaskan belum ada rencana kemitraan dengan WhatsApp.

WhatsApp Pay saat ini belum beroperasi di negara manapun. Rencananya India menjadi negara pertama yang menjajal fitur ini. Perjalanan WhatsApp Pay di India dimulai pada Februari 2018 dalam versi beta. Keberadaan WhatsApp Pay di India merupakan hasil intergrasi Unified Payment Interface yang pada akhirnya didukung state Bank of India, ICIC Bank, HDFC Bank sampai Axis Bank. Secara bertahap fitur ini akan menyebar ke beberapa negara. Menanggapi ekspansi WhatsApp ekonom menilai Indonesia tak perlu alergi terhadap pemain asing.

Kode QR Standar Nasional menjadi panduan perusahaan pembayaran agar tunduk pada aturan. Tidak hanya regulasi bisnis Bank Indonesia menyamakan standar untuk mempermudah konsumen sekaligus memberikan perlindungan.

#WhatsAppPay #Indonesia #QRIS



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x