Kompas TV nasional sapa indonesia

Menabung Sampah di Sini, Bisa Berlibur ke Luar Negeri Gratis

Kompas.tv - 21 Agustus 2019, 15:50 WIB

Jika anda ingin berpergian ke luar negeri tetapi tabungan anda belum mencukupi cobalah dengan menabung sampah. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah warga di Koja, Jakarta Utara yang memilih menjadi nasabah Bank Sampah Majelis Taklim Kecamatan Koja karena ingin dapat liburan ke luar negeri.

Iing Solihin pencetus bank sampah ini sudah membuktikan memberangkatkan 40 nasabahnya berlibur ke 3 negara Malaysia, Singapura Dan Thailand pada bulan Juli kemarin hanya dengan menabung sampah selama 12 bulan dengan rata-rata sampah 10 kilogram atau setara Rp 475.000 yang ditabung per harinya. Ide ini didapat dari para pengikut majelis taklimnya yang mendambakan bisa berlibur ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya.

Dalam mewujudkan idenya ini sang pencetus bank sampah bekerja sama dengan Yayasan Jamiyatul Khoir yang memfasilitasi keberangkatan para nasabah mulai dari tiket pesawat, penginapan dan makanan yang sudah ditanggung oleh bank sampah. Di tahun ini bahkan tak hanya bepergian ke 3 negara namun terdapat program baru berupa ibadah umroh ke Tanah Suci bagi para nasabahnya dengan menabung sampah selama 17 bulan atau nilai sampahnya mencapai Rp 17 juta dari setiap nasabah.

Program bank sampah ini tidak hanya memberi keuntungan untuk berlibur ke luar negeri tapi juga melatih kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan serta melatih diri untuk giat menabung.

#BankSampah #Umrah #LiburankeLuarNegeri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x