Kompas TV nasional sapa indonesia

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Kawasan Wisata Tutup Sementara

Kompas.tv - 26 Juli 2019, 20:08 WIB

Gunung Tangkuban Parahu di Subang, Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) siang. Kolom abu teramati di Gunung Tangkuban Perahu ini berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Dalam siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status level satu.

Gunung Tangkuban Parahu di Jawa barat erupsi pada Jumat (26/7/2019) pukul 15.48 WIB. Menurut siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati lebih kurang 200 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut. Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, kolom abu yang teramati di gunung ini berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

Saat ini, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas. Pengunjung juga tidak boleh menginap di dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu.

Kasbani pun mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas. Mereka juga tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu, atau sering disebut Gunung Tangkuban Perahu.

#GunungTangkubanPerahu #GunungTangkubanParahu #Erupsi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x