HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / singkap

73 Tahun Tribrata untuk Pertiwi - SINGKAP

Selasa, 23 Juli 2019 | 20:00 WIB

Kesiap siagaan Polisi Negara Republik Indonesia dalam segala kondisi, sudah terpatri dalam diri Polri sejak dulu kala. Sejarah kepolisian kita pun berawal sejak awal masa kependudukan Belanda.

Pada masa itu, sistem kepolisian dibentuk untuk mengurusi masalah perlengkapan, administrasi, dan pendidikan dibawah Kementrian Dalam Negeri. Masa Hindia Belanda, tugas kepolisian lebih difokuskan untuk kepentingan pengamanan eksploitas yang dilakukan oleh pihak kolonial. Masa kependudukan Jepang pun tak jauh berbeda, namun polisi juga digunakan untuk kepentingan memenangkan perang Asia Timur Raya.Awal kemerdekaan pada tanggal 29 September 1945 dilantiklah seorang kepala kepolisian yaitu Raden Said Soekanto. Dan pada tanggal 1 Juli 1946, Perdana Menteri Syahrir memberlakukan kepolisian nasional berada dalam satu komando, hingga diperingatilah tanggal tersebut sebagai Hari Bhayangkara.

Perjalanan panjang kepolisian dari masa ke masa ini, terangkum di museum Polri yang dibangun tahun 2009. Di museum ini terdapat berbagai macam peralatan khusus yang digunakan oleh polisi untuk menjalankan tugas, diorama, dan beberapa kendaraan patroli, serta lukisan wajah Kapolri dan Wakapolri pertama hingga sekarang.

Salah satunya adalah seorang Hoegeng Iman Santoso, seorang panutan dari kepolisian hasil didikanRS Soekanto. Namanya begitu fenomenal karena kejujurannya dan selalu teguh pada pendiriannya

Hoegeng Iman Santoso, meskipun menjabat sebagai seorang Kapolri tak membuatnya enggan melakukan tugas-tugas kecil. Totalitas adalah kata yang patut disematkan untuk Hoegeng disetiap Ia menjalankan tanggung jawabnya.

Hingga kasus-kasus besar pun berhasil diusut hingga tuntas tanpa kompromi dan rasa takut. Sosoknya begitu kuat sebagai teladan, hingga terbawa ke tengah keluarga. Lantas seperti apa sejarah lengkap perjalanan kepolisian, dan sosok seorang Hoegeng?

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:54
GANDA PUTRA INDONESIA WAHYU NAYAKA ARYA PANGKARYANIRA/ ADE YUSUF SANTOSO MAJU KE PEREMPAT FINAL SEA GAMES 2019   DINAS KEHUTANAN SUMSEL IMBAU WARGA UNTUK TIDAK MELAKUKAN AKTIVITAS PERKEBUNAN DI DALAM HABITAT HARIMAU    JEJAK HARIMAU SUMATERA DITEMUKAN DI DEKAT PERMUKIMAN WARGA DESA KUALU NENAS, KABUPATEN KAMPAR, RIAU   OMBUDSMAN SUMUT: PEMKAB SIMALUNGUN RAIH PREDIKAT PELAYANAN PUBLIK TERBURUK 2019   ASOSIASI TRAVEL AGENT INDONESIA: PEMECATAN ARI ASKHARA SEBAGAI DIRUT GARUDA INDONESIA ADALAH TINDAKAN TEPAT   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO: PROYEK PEMBANGUNAN "FLYOVER" SIMPANG GAPLEK PAMULANG SUDAH 20%   PT MRT JAKARTA SIAP JIKA DITUGASKAN MENGERJAKAN PROYEK PERPANJANGAN RUTE HINGGA TANGERANG SELATAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA SELURUH PEMDA CERMATI NAIKNYA TITIK API UNTUK CEGAH TERJADINYA KARHUTLA   WAMENAG ZAINUT TAHUHID SA'ADI PASTIKAN KEMENAG BERPIHAK KEPADA KORBAN PENIPUAN FIRST TRAVEL   SOAL FIRST TRAVEL, WAMENAG ZAINUT TAUHID SA'ADI AKAN MEMFASILITASI AGAR UANG JEMAAH KEMBALI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA ANGGARKAN POS KHUSUS UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA DALAM APBD   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT DIRUT BANK MANDIRI YANG BARU BERASAL DARI KALANGAN INTERNAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENGANTONGI NAMA YANG AKAN DITUNJUK SEBAGAI DIRUT BANK MANDIRI    WAPRES MA'RUF AMIN: 10% PANGSA PASAR PRODUK HALAL DI DUNIA ADA DI INDONESIA DENGAN TOTAL 214 MILIAR DOLLAR AS