Kompas TV nasional berita kompas tv

Kasasi Jokowi Soal Kebakaran Hutan Ditolak MA, Moeldoko: Pemerintah Kerja Keras Tangani Karhutla!

Selasa, 23 Juli 2019 | 08:50 WIB

Terkait putusan penolakan kasasi yang diajukan Presiden Jokowi dan kementerian terkait dalam kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kepala Staf Presiden Moeldoko menyatakan presiden sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait.

Moeldoko menegaskan pemerintah bekerja keras dalam menangani kasus kebakaran hutan pada 2015 di Kalimantan. Pemerintah juga mencari langkah penanganan yang optimal dalam menangani kebakaran hutan.

Sementara itu, Jaksa Agung M Prasetyo memastikan kesiapan timnya dalam mempersiapkan peninjauan kembali terkait penolakan kasasi kasus kebakaran hutan yang diajukan presiden. Kini Kejaksaan Agung tengah mempersiapkan novum atau fakta baru yang dianggap bisa menjadi pertimbangan penting dalam PK.

Sebelumnya, MA menolak kasasi pemerintah Indonesia dalam kasus kebakaran hutan di Kalimantan pada 2015. Kasus berawal pada Agustus 2016. Sekelompok orang menggugat negara, termasuk di dalamnya Presiden Joko Widodo ke Pengadilan Negeri Palangkaraya. Mereka mengajukan beberapa gugatan, termasuk kewajiban yang harus dipenuhi pemerintah Indonesia terkait kebakaran hutan dan lahan. Gugatan ini dikabulkan PN Palangkaraya pada Maret 2017 lalu.

Dalam putusan Mahkamah Agung, kewajiban pemerintah adalah pertama, presiden wajib menerbitkan peraturan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Kedua, mewajibkan pemerintah pusat meninjau ulang izin usaha pengelolaan hutan dan perkebunan yang telah terbakar ataupun belum terbakar di wilayah Kalimantan Tengah.

Lalu ketiga, pemerintah pusat wajib melakukan penegakan hukum terhadap perusahaan yang lahannya menjadi atau terjadi kebakaran. Dan keempat, pemerintah pusat wajib mendirikan RS khusus paru dan penyakit lain akibat pencemaran udara yang terjadi di wilayah Kalimantan Tengah.

#Jokowi #KebakaranHutan #Moeldoko

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:07
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS DI GEDUNG DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL AKAN MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER: SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DI TELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KE DEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA