Kompas TV nasional singkap

Penyebaran Islam di Tanah Jawa - SINGKAP

Sabtu, 15 Juni 2019 | 18:00 WIB

Kabupaten Demaksangat kental dengan segala tradisi yangbernafaskan islam. Ini karena kisah persebaran agama islam pertama di tanah Jawa ada di Demak. Dan Masjid Agung Demak, menjdi salah satu bukti sejarahnya. Masjid yang juga menjadi tujuan wisata di Jawa Tengah ini telah berusia 553 tahun, sarat akan sejarah islam nusantara abad ke 15. Salah satu pendirinya adalahRaden Fatah, putra dari Prabu Brawijaya 5, Raja Majapahit ke 11. Turut andil bersama Raden Fatah, Sunan Kalijaga yang mendekatkan islam kepada masyarakat Demak.

Eksotisme Masjid Agung Demak masih terlihat jelas karena keaslian dari arsitekturnya bertahan hingga kini. Selain arsitekturnya, Masjid ini memiliki sejumlah peninggalan asli zaman persebaran dahulu yang masih terjaga hingga sekarang.Salah satunya adalahkeberadaan Soko Guru yang merupakan peninggalanWalisongo. Selain Soko Guru, terdapat pernik peninggalan jaman Kerajaan Majapahit dulu kala yang dibawa oleh Raden Fatah dan menghiasi Masjid Agung Demak.

Tak hanya sebagai tempat beribadah, Masjid Agung Demak juga menjadi pusat penelitian dan edukasi tentang sejarah islam di tanah Jawa. Sebuah museum khusus dibangun untuk menyimpan barang-barang peninggalan bersejarah yang juga telah termasuk dalam benda-benda cagar budaya.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:21
PK TERHADAP PERKARA MANTAN KEPALA BPPN SYAFRUDDIN ARSYAD TEMENGGUNG DITOLAK, KPK: KAMI HORMATI PUTUSAN MA   MA TOLAK PERMOHONAN PK YANG DIAJUKAN KPK TERKAIT PUTUSAN MANTAN KEPALA BPPN SYAFRUDDIN ARSYAD TEMENGGUNG   KOORDINATOR MAKI BOYAMIN SAIMAN MENILAI BARESKRIM POLRI PERLU MEMERIKSA JAKSA PINANGKI TERKAIT DJOKO TJANDRA   KPAI SARANKAN KEMENDIKBUD GRATISKAN INTERNET SISWA DARI DANA PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK (POP)   SOAL KLAIM HADI PRANOTO, KEMENKES: OBAT HARUS LOLOS UJI ILMIAH   KAROPENMAS SEBUT BARESKRIM PANGGIL PENGACARA DJOKO TJANDRA, ANITA KOLOPAKING SELASA, 4 AGUSTUS 2020   BUPATI BOGOR MINTA PENAMPUNGAN MIGRAN DIPINDAH DARI PUNCAK BOGOR   KEMENKES MINTA MASYARAKAT TIDAK MUDAH PERCAYA KLAIM HADI PRANOTO   TANGGAPI HADI PRANOTO, KEMENKES TEGASKAN PRODUKSI OBAT TIDAK SEMBARANGAN    GUBERNUR JAWA TENGAH GANJAR PRANOTO AKAN POTONG GAJI ASN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI KANTOR   KEMENDIKBUD BERI BANTUAN DANA UANG KULIAH TUNGGAL KEPADA 419.605 MAHASISWA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA TEGASKAN PENENTUAN ZONA HIJAU BUKAN WEWENANG DAERAH   BAWASLU SEBUT PENYEDIAAN ALAT PELINDUNG DIRI UNTUK PENYELENGGARA PILKADA BELUM 100 PERSEN    KEMENRISTEK TIDAK PERNAH MEMBERIKAN DUKUNGAN UJI KLINIS OBAT HERBAL PRODUKSI BIO NUSWA YANG DIAKUI HADI PRANOTO