HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 orang-orang jakarta (web series)

Proyeksionis, Profesi yang Terjegal oleh Digital

Jumat, 19 April 2019 | 19:00 WIB

Seorang pria paruh baya duduk di antara deretan DVD dengan berbagai judul di sebuah ruko kecil di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Ia adalah Danny Mulyana, mantan proyeksionis atau pemutar film dengan proyektor analog di Bioskop Mulia Agung dan Grand Mulia, Senen, Jakarta Pusat.

Sejak bioskop Mulia Agung berhenti beroperasi pada awal tahun 2015, Danny pun beralih profesi sebagai penjual DVD. Kendati demikian, ia masih tinggal di sebuah ruangan berukuran 3x4 meter di dalam bioskop tersebut.

Meski sudah tidak beroperasi, alat berupa proyektor analog masih disimpan dan dirawat olehnya. Di kamarnya beberapa kaset seluloid juga masih terawat. Sesekali ia memutar film dalam kertas putih yang ia jadikan sebagai layar dalam kamarnya untuk bernostaliga dengan pekerjaannya beberapa tahun lalu.

Simak kisah Dani Mulyana dalam seri dokumenter Orang-orang Jakarta berikut ini.

Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : I Wayan Gede Astaphala




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:28
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !    PRESIDEN AS DONALD TRUMP SERUKAN RUSIA UNTUK HENTIKAN DUKUNGAN ATAS KEKEJAMAN YANG DILAKUKAN SURIAH    AS AKAN MENAIKKAN TARIF IMPOR ARMADA PESAWAT PRODUKSI AIRBUS DARI EROPA 15 PERSEN PADA 18 MARET 2020    KORBAN PENIPUAN BERKEDOK PENERIMAAN CPNS YANG DITANGANI POLRES KEBUMEN DIPERKIRAKAN MENCAPAI 800 ORANG   DANA AMIN AKAN DIPERIKSA SEBAGAI SAKSI KASUS DUGAAN KORUPSI TERKAIT PENGADAAN QCC DI PT PELINDO II    HARI INI, PENYIDIK KPK PERIKSA EKS DIREKTUR OPERASIONAL PT PELINDO II, DANA AMIN   BUPATI MAGETAN SUPRAWOTO SIAPKAN 20.000 MASKER UNTUK TKI DI HONG KONG    SEBANYAK 40 WARGA AMERIKA SERIKAT YANG DIOBSERVASI DI KAPAL PESIAR DIAMOND PRINCESS TERINFEKSI VIRUS KORONA    PT ANGKASA PURA I SEBUT PENUMPANG BANDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI TURUN 16,25 PERSEN AKIBAT VIRUS KORONA    BPJS MENDESAK PEMERINTAH DAN DPR TRANSPARAN SOAL RUU "OMNIBUS LAW" CIPTA KERJA   DIRJEN DUKCAPIL ZUDAN ARIF FAKRULLOH: SEMUA LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN GRATIS, LAPORKAN JIKA ADA PUNGLI   DUKCAPIL LARANG PETUGAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENARIK BIAYA DARI MASYARAKAT   SETARA INSTITUTE MINTA PRESIDEN JOKOWI BENTUK KOMITE KEPRESIDENAN PENUNTASAN KASUS PELANGGARAN HAM