Kompas TV nasional aiman

China & Rusia Menyasar Pemilu? - AIMAN (4)

Kompas.tv - 21 Maret 2019, 14:30 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : I Wayan Gede Astaphala

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mewawancarai Pengamat Intelijen & anggota TKN Jokowi-Ma’ruf Ridlwan Habib terkait kasus peretasan situs KPU yang diduga berasal dari China & Rusia. Ridlwan menduga ada upaya delegitimasi kredibilitas KPU. Meski demikian, Ia enggan menunjuk pihak tertentu, namun indikasinya terlihat di media sosial.

Ridlwan menilai tudingan KPU ditunggangi pihak asing akan membuat KPU mendapat predikat sebagai lembaga tak kredibel. Oleh karenanya, Ia mendesak KPU bertindak professional, pasalnya Ia menilai KPU kurang terbuka dengan lembaga lain, contohnya Badan Sandi & Siber Negara (BSSN).

Sementara itu, BPN Prabowo-Sandi mengungkap data KPU yang dinilai janggal terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. TKN Jokowi-Ma’ruf menyatakan sikap terbuka atas temuan itu dan meminta Kemendagri menjelaskan data tersebut secepatnya.

Tak hanya isu peretasan, KPU juga kerap diserang isu hoaks terkait Pemilu, spt isu kisruh surat suara telah dicoblos sehingga menimbulkan kericuhan. Faktanya, ini adalah kericuhan saat Pilkada 2018 yang tidak terkait Pemilu 2019 mendatang. Selain itu, KPU juga dilanda hoaks yang menyebut ada kontainer pengangkut surat suara berasal dari China yang terlihat dari aksara pada badan kontainer. Faktanya, tulisan itu kanji Jepang, sementara kontainer itu berasal dari Singapura yang telah lama berada di Indonesia.

#KPUDiretas #Pemilu2019 #AimanKompasTV



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x