Kompas TV nasional singkap

Lawang Sewu, Kisah Seribu Pintu - SINGKAP

Kompas.tv - 7 Maret 2019, 18:30 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor :

Lawang sewu, bangunan ikonik yang berada di jantung kota Semarang ini merupakan museum kereta api yang dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia. Di dalam gedung lawang sewu terdapat berbagai koleksi peninggalan yang berhubungan dengan per-kereta apian zaman penjajahan kolonial.

Di sini pengunjung dapat mempelajari sejarah munculnya kereta api di Indonesia yang berawal dari kota Semarang. Tak hanya itu, lawang sewu juga merupakan saksi bisu perjuangan pemuda Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan yang dikenal dengan peristiwa "Pertempuran Lima Hari di Semarang"

Bukan hanya kaya akan cerita sejarah,lawang sewu juga memiliki banyak keunikan pada bangunannya yang menggambarkan kecerdasan arsitektur Belanda tempo dulu. Siapa kira, gaya arsitektur Eropa yang lekat terlihat pada bangunan ini juga mengandung unsur arsitektur jawa jaman kerajaan yang memiliki nilai-nilai tersendiri.

Lantas seperti apa sejarah gedung Lawang sewu dari masa ke masa? Dan seperti apa gambaran kecerdasan arsitektur Belanda yang sarat akan budaya Jawa tersebut ?

#LawangSewu #Semarang #SejarahLawangSewu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x