Kompas TV video vod

Peneliti Ilmu Politik Harvard University Prediksi PAN Lampaui Ambang Batas Parlemen

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 18:22 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPASTV - Peneliti Ilmu Politik Harvard University, Seth Soderborg memprediksi Partai Amanat Nasional (PAN) mampu melampaui ambang batas parlemen pada Pemilu 2024.

Peneliti Ilmu Politik Harvard University, Seth Soderborg menilai bahwa peluang PAN lolos ambang batas parlemen dapat dilihat dari tren dua periode pemilu sebelumnya.

Dalam pemilu tahun 2014 dan 2019, PAN lebih banyak memperoleh suara di hari pemilihan daripada angka elektabilitas dari hasil survey.

Seth menyebut bahwa ada fenomena survei partai di mana biasanya pemilih tidak menjelaskan pilihannya dalam survey.

Hal ini terjadi untuk partai-partai dengan pemilih konservatif, Seth pun memprediksi di akhir tahun elektabilitas PAN akan meningkat.

“Di PAN, selisihan suara itu lebih besar dibanding contoh Partai Nasdem karena ada dua efek. Ada efek tidak tahu tidak jawab, sudah reject parpol besar, tapi ada fenomena pemilih konservatif Islam tidak suka menjawab responden,” jelas Seth Soderborg.

“Benar, dan itu bisa dilihat dari Partai PKS. Juga ada masalah sampling ya, saat responden dipilih, kadang-kadang ada masalah surveyor masuk ke perumahan, dan kemungkinan pemilih PAN di perumahan itu sedikit lebih besar dari pada pemilih parpol lain," sambungnya.

Baca Juga: Prabowo Mania 08 Sebut Duet Prabowo-Ganjar Ideal: Prabowo Bukan Petugas Partai

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x