Kompas TV video vod

Jokowi Endorse Ganjar atau Prabowo? Ini Ulasan Pengamat Politik

Kompas.tv - 28 Mei 2023, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Pengamat politik, Direktur Eksekutif Charta Politica Indonesia Yunarto Wijaya menyebut Presiden Jokowi terlihat beri restu untuk dua bacapres, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Jokowi mengatakan pertemuan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dengan kedua tokoh tersebut berkaitan dengan gambaran sikap politik sang ayah.

“Keberadaan Gibran tidak bisa lepas dari sikap politik ayahnya,” ungkap Yunarto Wijaya pada KompasTV, Sabtu (27/5).

“Ini hanya lanjutan dari bagaimana seorang Jokowi mengambil sikap memberikan restu kepada dua orang ini. Ada beberapa momen menunjukkan Jokowi berikan endorse pada Ganjar, ada beberapa momen juga berikan endorse pada Prabowo,” lanjutnya.

Yunarto menganggap Jokowi sedang memainkan catur agar massa pendukung dari dua tokoh tersebut tetap dalam cengkraman politiknya.

“Kita tahun Ganjar sudah dideklarasikan, otomatis dari sisi kepartaian ada relasi antara dukungan Jokowi sebagai sesaman PDIP kepada Ganjar,” ucap Yunarto.

“Dalam konteks menjaga stabilitas politik pak Jokowi juga sepertinya memainkan catur, supaya kekyatan besar lain yang bertumpu pada pak Prabowo tidak lepas dari cengrkraman politiknya,” lanjutnya.

Video Editor: Febi Ramdani

Baca Juga: Bertemu Puan di Solo, Gibran Jelaskan Pertemuannya dengan Prabowo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x