Kompas TV olahraga sepak bola

Ada Sandy Walsh hingga Reza Arya Pratama, Ini 5 Pemain yang Berpeluang Debut di Timnas Indonesia

Kompas.tv - 27 Mei 2023, 21:04 WIB
ada-sandy-walsh-hingga-reza-arya-pratama-ini-5-pemain-yang-berpeluang-debut-di-timnas-indonesia
FIFA resmi menerima perpindahan federasi Sandy Walsh sehingga bisa membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal ada lima pemain Timnas Indonesia yang berpeluang menjalani debut berseragam Garuda di FIFA Matchday.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia bakal menghadapi Palestina (14 Juni) dan Argentina (19 Juni) dalam laga uji coba. 

Jelang laga-laga tersebut, Shin Tae-yong pun telah mengumumkan daftar pemain Timnas Indonesia yang akan memulai berkumpul di Jakarta untuk berlatih mulai 5 Juni.

Dalam 26 nama yang dipanggil STY, ada lima pemain yang berpeluang menjalani debut berseragam Timnas Indonesia.

Yang pertama adalah bek keturunan Belanda, Sandy Walsh. 

Pemain berusia 27 tahun itu resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta pada 17 November 2022. 

Namun, dia tak bisa bergabung ketika Piala AFF 2022 karena tidak dilepas klubnya. Lalu di FIFA Matchday bulan Maret, Sandy kurang beruntung karena mengalami cedera sehingga urung dipanggil.

Maka dari itu, inilah kesempatan bagi pemain KV Mechelen untuk pertama kalinya berseragam Merah Putih.

Selanjutnya ada pemain keturunan Belanda lainnya yakni Shayne Pattynama. Ia resmi menjadi WNI pada 24 Januari 2023.

Pada FIFA Matchday bulan Maret, nama Shayne sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia melawan Burundi.

Akan tetapi saat itu ternyata, berkas kepindahan federasinya belum rampung sehingga tak bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

Dua nama naturalisasi teranyar, Ivar Jenner dan Rafael Struick juga masuk dalam skuad untuk menghadapi Palestina dan Argentina.

Mereka pun diyakini bakal menjalani debut untuk Indonesia untuk pertama kalinya bulan depan.

Nama terakhir pemain yang berpeluang debut di Timnas Indonesia adalah Reza Arya Pratama.

Kiper PSM Makassar berhasil menembus skuad pilihan Shin Tae-yong dengan menyingkirkan penjaga gawang Bali United, Nadeo Argawinata.

Pelatih asal Korea Selatan itu tampaknya kepincut dengan performa pemain berusia 23 tahun yang berhasil membawa PSM juara di Liga 1 musim 2022/2023.

Reza pun bakal bersaing dengan Syahrul Trisna dan Ernando Ary untuk memperebutkan posisi nomor 1 di Timnas Indonesia.

Baca Juga: Alasan Pelatih KV Mechelen Tak Lepas Sandy Walsh ke Piala AFF 2022: Kami Sangat Membutuhkannya

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Shin Tae-yong telah merilis daftar 26 pemain Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Palestina dan Argentina di FIFA Matchday bulan Juni 2023.

Dari nama-nama tersebut, sejumlah pemain yang merumput di luar negeri kembali dipercaya Shin Tae-yong untuk berseragam Garuda.

Sandy Walsh (KV Mechelen), Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town FC), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK) dan Saddil Ramdani (Sabah FC) dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Selain itu, dua pemain yang baru saja selesai menjalani proses naturalisasinya, Ivar Jenner (Jong Utrecht) dan Rafael Struick (ADO Den Haag), juga turut masuk namanya dalam pilihan Shin Tae-yong.

Bagi Sandy, Shayne, Ivar dan Rafael, pertandingan FIFA Matchday di bulan Juni mendatang merupakan kesempatan mereka untuk melakoni debut bersama timnas.

Selain nama pemain yang berkarier di luar negeri, pelatih asal Korea Selatan juga memasukkan sejumlah nama pemain pilar Timnas U22 Indonesia yang berhasil meraih medali emas SEA Games 2023.

Ernando Ari, Rizki Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan bakal masuk ke tim senior untuk melawan Palestina dan Argentina.

Persib Bandung menjadi klub penyumbang pemain paling banyak untuk skuad Timnas Indonesia kali ini yakni 4 pemain.

Sementara itu, juara Liga 1 musim lalu, PSM Makassar, dan Persikabo menjadi tim terbanyak selanjutnya yang menyumbang pemain untuk Timnas Indonesia masing-masing 3 pemain.

Pertandingan melawan Palestina dan Argentina menjadi laga penting bagi Timnas Indonesia untuk mengangkat posisi di peringkat FIFA.

Namun, tugas tersebut tidak akan mudah mengingat kedua tim tersebut secara kualitas berada di atas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Punya Keyakinan Timnas Indoneia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x