Kompas TV nasional rumah pemilu

Litbang Kompas: Ada Sejumlah Faktor yang Buat Elektabilitas Prabowo Unggul

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 06:40 WIB
litbang-kompas-ada-sejumlah-faktor-yang-buat-elektabilitas-prabowo-unggul
Tiga nama kandidat capres yang mendapat keterpilihan tinggi dari survei Indikator Politik Indonesia, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20, dan dukungan atau endorsement Presiden Joko Widodo menjadi faktor yang membuat elektabilitas Prabowo Subianto mendapat peringat nomor pertama di atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasil survei terbaru Litbang Kompas Prabowo mendapat 24,5 persen suara dari 1.200 responden. Ganjar memperoleh 22,8 persen, sedangkan Anies mendapat 13,6 persen suara. 

Peneliti Litbang Kompas Toto Suryaningtyas menjelaskan, meski Prabowo unggul dari Ganjar, elektabilitas kedua tokoh tersebut hanya tertahan dan sama seperti hasil survei pada Juni 2022. 

Namun ada beberapa faktor yang membuat Prabowo mengungguli Ganjar, semisal kekecewaan responden terhadap pernyataan Ganjar di Piala Dunia U20 membuat beberapa pendukung Ganjar beralih ke Prabowo.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Bakal Capres Prabowo Kembali ke Puncak

Menurut Toto dalam beberapa riset konstituen partai nasionalis akan berpindah ke sesama partai nasionalis. Ketika terjadi kekecewaan terhadap Ganjar, pemilihnya berpindah. 

"Hitungan kami kalau dari angka tinggal 63 persen dari total yang tetap mendukung Ganjar sebagai presiden, sementara 12,5 persen lari ke Prabowo, gara-gara U20. Sisanya menjadi tidak tahu dan juga masih menunggu," ujar Toto di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (21/5/2023).

Di kesempatan yang sama Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan selain kekecewaan gagalnya Piala Dunia U20 di Indonesia, dukungan Presiden Jokowi juga menjadi faktor naiknya elektabilitas Prabowo. 

Dalam survei Indikator Politik, elektabilitas Prabowo sejak Maret 2023 mengalami rebound

Baca Juga: Duet Ganjar-Prabowo di Pilpres 2024 Dinilai Masih Sulit Terwujud, Pengamat Singgung 2 Variabel Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x