Kompas TV nasional hukum

Mario Dandy Diperiksa KPK, Pakar Duga KPK Dalami terkait Aliran Dana TPPU Rafael Alun

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 21:45 WIB
mario-dandy-diperiksa-kpk-pakar-duga-kpk-dalami-terkait-aliran-dana-tppu-rafael-alun
Pakar hukum tindak pidana pencucian uang (TPPU) Yenti Garnasih saat mmberikan keterangan, Jumat (17/2/2023). Yenti Garnasih menyoroti pemeriksaan KPK terhadap tersangka penganiayaan Mario Dandy Satrio (20) terkait kasus gratifikasi dan TPPU menjerat ayahnya, Rafael Alun Trisambodo. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar hukum tindak pidana pencucian uang (TPPU) Yenti Garnasih menyoroti pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap tersangka penganiayaan Mario Dandy Satrio (20) terkait kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat ayahnya, Rafael Alun Trisambodo.

Yenti menilai Mario Dandy memiliki peran penting dalam pemeriksaan tersebut, yakni untuk didalami terkait aliran dana bekas pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo yang bersumber dari tindak pidana korupsi.

Mengingat, kata dia, dalam TPPU, saksi adalah mereka yang terlibat dalam penerimaan transfer atau ikut mengalirkan uang tersebut.

Dalam konteks ini, Yenti menduga Mario Dandy turut menerima aliran uang hasil korupsi sang ayah.

"Ini (Mario Dandy) posisi penting ya, kata kuncinya TPPU adalah dari gratifikasi yang sedang didalami, uangnya ke mana saja," kata Yenti dalam Kompas Petang, Kompas TV, Senin (22/5/2023).

"Kalau yang bersangkutan dipanggil (sebagai) saksi karena diduga ada aliran uang (yang diterimanya), atau bahkan mungkin misalnya yang bersangkutan beli mobil atau lainnya dia yang membayarkan, itu bisa jadi," tutur Yenti.

Dia pun menyebut, dalam kasus pencucian uang, keluarga menjadi pihak yang perlu diperiksa, karena diduga kuat menerima aliran uang.

"Jadi memang pihak-pihak ketiga yang paling penting, adalah anggota keluarga atau orang-orang terdekat yang menerima uang dari Pak Rafael," jelasnya.

"Yang bersangkutan ini TPPU-nya saja, karena sepertinya tidak terlibat korupsinya, (sehingga) dia hanya didalami terkait jumlah uang hasil korupsi (Rafael) yang mengalir kepadanya."

Baca Juga: KPK Periksa Mario Dandy Usut Kasus Korupsi dan Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x