Kompas TV regional berita daerah

Peluncuran Program Mandiri Benih Tahap Tiga

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 17:53 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kembali meluncurkan program mandiri benih tahap tiga. Sebanyak 2.500 ton benih padi gratis disalurkan ke 100 ribu hektar sawah di Sulawesi Selatan.

Sebanyak 2.500 ton benih padi gratis disalurkan  untuk lahan pertanian seluas 100 ribu hektar di Sulawesi Selatan. Benih padi yang disalurkan merupakan benih pokok yang hasilnya bisa digunakan kembali oleh petani menjadi benih sebar. Jika di tahun 2022 hanya mencakup 22 kabupaten kota, mandiri benih tahap tiga menyalurkan benih padi di 24 kabupaten kota di Sulawesi Selatan. Dengan program mandiri benih tahap ketiga ini diharapkan dapat meningkatkan produksi padi hingga 250 ribu ton kenaikan per tahun.

Dari data BPS, peningkatan terjadi pada produksi padi dari 8 ton menjadi 13 hingga 17 ton. Peningkatan juga terjadi pada sawah tadah hujan dari 3 ton padi menjadi 6 ton. Selain bantuan benih padi, juga diserahkan bantuan komoditi perkebunan pada beberapa kelompok tani di Sulsel. Bantuan komoditi perkebunan berupa bibit kakao, mangga, durian, dan jeruk, serta bantuan alat mesin pertanian dan pupuk.

Mandiri benih merupakan program prioritas di Sulawesi Selatan sebagai salah satu provinsi penghasil beras terbesar di tanah air. Program ini dilaksanakan untuk mendongkrak produksi padi. Mandiri benih padi juga menjadi salah satu program yang diajukan ke bappenas untuk menjadi program nasional.


#mandiripangan
#pupuk
#petaniindonesia



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x