Kompas TV nasional politik

Sekjen PDIP: Pemanggilan Gibran Hanya untuk Memberi Nasihat

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 13:30 WIB
sekjen-pdip-pemanggilan-gibran-hanya-untuk-memberi-nasihat
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut pemanggilan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hanya untuk memberikan nasihat kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. 

Gibran dipanggil DPP PDIP pada hari ini, Senin (22/5/2023), untuk dimintai klarifikasi usai pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama relawannya di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: Usai Dipanggil PDIP karena Bertemu Prabowo, Gibran: Saya Akan Tegak Lurus ke Ibu Megawati

"Tadi yang kita sampaikan kepada Mas Gibran adalah nasihat-nasihat. Bahkan Pak Komar (Komarudin Watubun) sebagai senior itu juga memberikan masukan-masukan," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin.

Ia menyebut, tokoh politik yang mendatangi Solo itu sedang melakukan dansa politik menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang.

"Kalau di Solo ini yang ada gamelan bukan dansa, yang ada tari-tarian, tari gambyong. Enggak ada dansa-dansa di Solo, tetapi yang datang ke Solo itu kan ada yang membawa dansa-dansa itu." 

"Solo ini kan ada slow-nya, ada dinamiknya, tetapi keharmonian Solo itu memayu hayuning bawono," kata Hasto. 

Dia menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan klarifikasi dari Gibran ihwal pertemuannya dengan Prabowo pada Jumat lalu.

Menurut dia, ada pihak yang sengaja meramaikan pertemuan tersebut sehingga menjadi konsumsi publik.

"Penjelasan Mas Gibran sudah sangat komprehensif dan sudah disampaikan sebelum datang ke DPP ini. Kemarin Mas Gibran kan sudah membuat pernyataan-pernyataan, melakukan klarifikasi terhadap berbagai frame yang terjadi."
 
"Beliau juga meminta maaf melalui media dan kami sudah menerima seluruh penjelasan-penjelasan itu, sehingga mari kita kemudian turun ke bawah semuanya membangun prestasi yang terbaik di wilayah kerjanya masing-masing," kata Hasto.

Sebelumnya, Gibran menyatakan dirinya akan tegak lurus menaati amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yakni memenangkan Ganjar Pranowo dan partainya pada Pemilu 2024.   

"Sekali lagi terima kasih. Saya sebagai kader akan tegak lurus sesuai arahan ibu ketua umum," kata Gibran di DPP PDIP.

Baca Juga: PDIP: Gibran itu Seperti Gula dengan Semut

Ia menyatakan, dirinya telah menjelaskan secara detail ihwal kronologi pertemuannya dengan Prabowo kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun. 

"Hari ini saya sudah mendapat banyak sekali nasihat. Saya sudah menjelaskan kronologi terkait pertemuan kemarin," ujarnya. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x