Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Luncurkan 30 Rudal Jelajah Hajar Target Ukraina, Kiev Klaim Tembak Jatuh 29 Rudal

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 05:05 WIB
rusia-luncurkan-30-rudal-jelajah-hajar-target-ukraina-kiev-klaim-tembak-jatuh-29-rudal
Bangkai Rudal Rusia di Ukraina. Rusia meluncurkan 30 rudal jelajah ke berbagai bagian Ukraina menguji pertahanan udara Ukraina yang dilakukan pada malam hari. Namun Ukraina mengeklaim berhasil menembak jatuh 29 rudal. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Rusia meluncurkan 30 rudal jelajah ke berbagai bagian Ukraina pada Kamis (18/5/2023) dini hari, untuk menguji pertahanan udara Ukraina. Namun Ukraina mengeklaim berhasil menembak jatuh 29 rudal milik Rusia.

Sebanyak 30 rudal tersebut, berhasil menembus pertahanan dan menghantam bangunan industri di wilayah selatan Odesa, dan mengakibatkan satu orang tewas dan dua orang terluka, seperti yang diungkapkan oleh Serhiy Bratchuk, juru bicara administrasi militer wilayah tersebut, diberitakan Associated Press, Jumat (19/5/2023).

Semalaman, ledakan keras terdengar di Kiev saat pasukan Kremlin menargetkan ibu kota untuk kesembilan kalinya bulan ini. Ini adalah eskalasi setelah beberapa minggu dilewati dengan keheningan suara rudal.

Puing-puing jatuh di dua distrik Kiev, memicu kebakaran di kompleks garasi. Tidak ada laporan segera tentang korban, seperti yang dikatakan oleh Serhii Popko, kepala administrasi militer Kiev, dalam sebuah pesan di Telegram.

Ukraina juga berhasil menembak jatuh dua drone ledakan Rusia dan dua drone pengintai, menurut otoritas setempat.

Rudal-rudal tersebut diluncurkan dari pangkalan-pangkalan laut, udara, dan darat Rusia, tulis Jenderal Valerii Zaluzhnyi, panglima tertinggi Ukraina, di Telegram.

Baca Juga: Inggris dan Belanda Bentuk Koalisi untuk Bantu Ukraina Dapatkan F-16, Zelenskyy: Bagus!

Bangkai Rudal Rusia di Ukraina. Rusia meluncurkan 30 rudal jelajah ke berbagai bagian Ukraina pada Kamis (18/5/2023) dini hari, menguji pertahanan udara Ukraina. Namun Ukraina mengeklaim berhasil menembak jatuh 29 rudal. (Sumber: AP Photo)

Beberapa gelombang rudal ditujukan ke wilayah Ukraina antara Pukul 21.00 Rabu hingga 05.30 Kamis, katanya.

Pasukan Rusia menggunakan pembom strategis dari wilayah Laut Kaspia dan nampaknya meluncurkan rudal tipe X-101 dan X-55 yang dikembangkan pada masa Uni Soviet, kata otoritas Kiev. Rusia kemudian mengerahkan drone pengintai di atas ibu kota.

Dalam serangan udara terakhir yang besar di Kiev pada hari Selasa, pertahanan udara Ukraina yang diperkuat oleh sistem-sistem canggih yang disuplai oleh Barat berhasil menembak jatuh semua rudal yang datang, kata pejabat setempat.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x