Kompas TV regional jawa barat

Hadang Ombak Besar Pantai Utara, Warga Pasang Bambu

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 14:23 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Gelombang tinggi dan ombak besar yang menerjang pesisir utara karawang,  menyebabkan akses jalan terputus dan sejumlah rumah rusak hingga membuat warga terisolasi. Untuk meminimalisir dampak buruk dari ombak besar warga bersama tni membangun pemecah ombak dari bambu yang dirangkai di sepanjang pantai utara karawang desa cemara jaya.

Warga desa cemara jaya kecamatan cibuaya bersama TNI, berjuang keras di tengah gempuran ombak pantai yang cukup besar membangun pemecah ombak dari bambu.  Bahu membahu warga dan tni menancapkan bambu dan merangkainya agar ombak yang menerjang pecah saat sampai pantai dan tidak berdampak buruk bagi warga.

Butuh perjuangan dan keberanian besar untuk bisa membangun pemecah ombak di tengah gempuran ombak yang saat ini cukup besar.

Dalam setahun ini warga desa cemara jaya dicemaskan dengan kondisi abrasi pantai utara karawang, yang semakin parah dan puncaknya terjadi pada saat dua hari jelang  hari raya idul fitri satu satunya akses jalan desa terputus akibat diterjang ombak.

Untuk meminimalisir dampak kerusakan  akibat abrasi karena ombak besar pemerintah melakukan upaya penanganan abrasi di desa cemara jaya kecamatan cibuaya melalui program  TMMD yang ke 116,  atau tentara manunggal membangun desadengan membangun sejumlah fasilitas agar abrasi tidak semakin merusak.

Seperti membangun pemecah ombak meninggikan jalan agar saat air pasang pemukiman warga tidak terendam banjir dan membangun rumah rumah tidak layak huni  rusak akibat terjangan ombak.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x