Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Rayakan Kemenangan Timnas U22 Indonesia dengan Traktir Menteri Makan Durian: Happy Banget...

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 08:23 WIB
jokowi-rayakan-kemenangan-timnas-u22-indonesia-dengan-traktir-menteri-makan-durian-happy-banget
Momen Presiden Joko Widodo atau Jokowi nonton laga final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, Selasa (16/5/2023) malam. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas kemenangan Timnas U22 Indonesia yang berhasil meraih medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola di SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/5/2023).

"Sangat happy banget. Karena Indonesia Thailand 5-2 yang saya sampaikan kemarin, mental pemenang, mental juara. Kelihatan sekali ada, main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara," ungkap Jokowi di Medan, Sumatera Utara.

Untuk merayakan kemenangan ini, Jokowi memutuskan untuk mentraktir jajaran menteri serta jajarannya untuk makan durian.

"Tadi sore memang saya janjian, para menteri dengan wagub dan lain-lain, kalau menang, saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng. Jadi, karena menang, ya, harus nraktir karena janjiannya seperti itu," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Penuh Drama, Ini Kilas Balik Timnas Indonesia U-22 Raih Emas SEA Games

Jokowi juga mengucapkan selamat kepada pemain Timnas Indonesia serta jajaran pelatih dan ofisial yang telah berusaha keras untuk meraih medali emas.

"Sekali lagi, selamat kepada seluruh pemain, pelatih, ofisial. Ini adalah hasil dari kerja keras yang berkesinambungan selama bertahun-tahun, mulai dari kompetisi hingga training camp," kata Jokowi.


 

Adapun Timnas U22 Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah mengalahkan Thailand dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Skor akhir pertandingan adalah 5-2 setelah dua kali babak tambahan.

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta (20', 45+5') dan tiga gol di babak tambahan lewat Irfan Jauhari (91'), Fajar Faturrahman (107'), dan Beckham Putra (120').

Baca Juga: Timnas U22 Indonesia Juara Sepak Bola SEA Games 2023, Jokowi: Nanti Kita Beri Hadiah

Sementara itu, Thailand sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Anan Yodsangwal menit ke-65 dan gol dramatis Yotsakon Burapha pada menit 90+9. Pertandingan kemudian harus dilanjutkan ke babak perpanjangan. 

Kemenangan ini merupakan medali emas SEA Games pertama Indonesia sejak 1991.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x