Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus Partai Gerindra Yakin Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 20024, Begini Penjelasannya

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 20:03 WIB
politikus-partai-gerindra-yakin-jokowi-dukung-prabowo-di-pilpres-20024-begini-penjelasannya
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meyakini bahwa dalam sejumlah kesempatan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan dukungannya kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

Dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (16/5/2023), Andre menyatakan, salah satu bentuk dukungan yang sangat terlihat adalah pada hasil musyawarah rakyat (Musra) relawan Jokowi.

“Saya rasa bukan tampak seolah-olah (mengendorse Prabowo) ya, tapi menurut saya sebenarnya mendukung Pak Prabowo,” kata Andre.

“Karena, terlihat dari hasil Musra relawan Pak Jokowi yang kemarin berlangsung hari Minggu, puncaknya di Senayan, itu kan datanya jelas bahwa mayoritas relawan pak Jokowi itu mendukung Pak Prabowo,” lanjutnya.

Baca Juga: Soal Kriteria Pemimpin, Jokowi Sebut "Yang Mau Bekerja Keras dan Pemberani Demi Rakyat!"

Andre kemudian membacakan hasil rekapitulasi suara dukungan relawan pada musra tersebut, yang menurutnya mayoritas mendukung Prabowo.

“Saya bacakan rekapitulasi bulat suara nasional hasil Musra ya, 20,60 persen mendukung Pak Prabowo, 19,95 persen mendukung Mas Ganjar, dan nomor tiga, 12.15 persen mendukung pak Airlangga,” katanya.

“Itu menunjukkan betul bahwa sinyal-sinyal yang diberikan Pak Jokowi itu berbanding lurus dengan hasil Musra relawan Pak Jokowi,” tegasnya.

Andre menambahkan, jika melihat dari hasil survei beberapa lembaga, Prabowo Subianto dinilai sebagai menteri terbaik di kabinet Jokowi.

“Kita juga tahu bahwa hasil survei berbagai lembaga disebutkan bahwa masyarakat menganggap Pak Prabowo adalah menteri terbaik di kabinet Pak Jokowi, jadi wajar kalau beliau dianggap paling pantas untuk melanjutkan pemerintahan pak Jokowi,” tuturnya.

‘Kedua, mayorits masyarakat Indonesia menganggap figur Prabowo Subianto yang paling layak melanjutkan pemerintahan Pak Jokowi Maruf,” kata dia.

Saat ditanya, apakah itu berarti Presiden Jokowi mendukung Prabowo Subianto maju pada Pilpres 2024? Andre dengan tegas mengiyakan.

“Saya rasa itu jelas, dan terlihat bahwa memang berbagai survei beliau adalah menteri terbaik di kabinet Pak Jokowi,” katanya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu yang juga hadir sebagai narasumber pada dialog itu mengaku tidak mau menanggapi klaim Andre.

“Saya nggak dalam membantah klaim itu, karena semua kan berharap dapat endorse dari pak Jokowi,” kata Masinton.

Baca Juga: Jokowi Sebut Cari Pemimpin dari Suara Rakyat Bukan Elite, Begini Tanggapan Wasekjen PDI-P!

Masinton juga dengan tegas membantah anggapan bahwa Jokowi main dua kaki atau mendua dalam berpolitik.

“Tidaklah. Pak Jokowi kan seperti saya jelaskan tadi, kalau preferensi dalam partai politik, pasti beliau segaris dengan keputusan partai. Kalau hari ini, semua berharap dapat endorse dari Pak Jokowi,” katanya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x