Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Terakhir Raih Emas di SEA Games 1991, Indra Sjafri: Kami Siap Berikan yang Terbaik

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 15:58 WIB
timnas-indonesia-terakhir-raih-emas-di-sea-games-1991-indra-sjafri-kami-siap-berikan-yang-terbaik
Para pemain dan ofisial Timnas U22 Indonesia melakukan sujud syukur usai menang atas Vietnam 3-2 pada babak semifinal sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). Timnas Indonesia lolos ke final dan akan melawan Thailand. (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U22 Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan timnya tidak akan melepas peluang merebut medali emas di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia akan melawan Thailand pada pertandingan final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

 

Indra menyebut timnya sudah berproses sejauh ini, dan besok Skuad Garuda akan memberikan yang terbaik. 

"Tim ini telah berproses sejak fase grup hingga semifinal dengan hasil baik dan kami dengan seluruh pemain sudah berkomitmen, besok bisa memberikan yang terbaik," kata dia di Phnom Penh Hotel, Senin (15/5/2023), dikutip dari Antara.

Ia juga melaporkan, jelang laga final, seluruh pemain dalam kondisi terbaik sehingga pihaknya tidak akan kesulitan dalam menentukan sebelas pemain pertama saat menghadapi Timnas Thailand.

Baca Juga: Update Jadwal dan Perolehan Indonesia di SEA Games 2023 Hari Ini 15 Mei, Sudah Capai 70 Emas

"Termasuk Pratama Arhan kondisinya bagus. Tapi secara regulasi, dia tidak bisa main (kartu merah). Jadi kita berkekuatan 19 pemain yang semua siap diturunkan."

"Saya dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada klub tempat pemain berasal dan juga kerja sama yang baik dari mulai bulan Maret bersama pelatih klub dan saya mengapresiasi itu," tambah Indra.

Diketahui, Timnas Indonesia sudah puasa medali emas sejak 32 tahun lalu. Terakhir, Timnas Garuda merebut emas pada SEA Games 1991 Manila.

Dikutip dari Tribun News, kala itu skuad Garuda yang ditukangi pelatih asal Uni Soviet, sekarang Rusia, Anatoli Polosin, berhasil menumbangkan Thailand dalam laga puncak.

Melalui duel ketat, Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang lewat babak adu penalti 4-3, setelah bermain imbang 0-0.

Pemain timnas di era itu, Robby Darwis, mengatakan kunci kemenangan kala itu ada empat, dua di antaranya adalah mental dan mengontrol emosi.

"Mental bermain, kontrol emosi, tetap bermain seperti gaya sendiri tidak terpengaruh permainan lawan, lebih sabar lagi," ujar Robby, Senin, dikutip dari Tribunnews.

Pria berusia 58 tahun itu menyebut Rizky Ridho dan kawan-kawan, harus bisa memainkan perannya sebaik mungkin jika ingin merebut medali emas di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja.

"Kalau melihat permainan gak begitu jauh, sama juga, tergantung ke mental dan kepintaran, tergantung taktik dan strategi juga," tutur Robby.

Baca Juga: SEA Games 2023: Tumbangkan Malaysia secara Dramatis, Tim Sepak Takraw Indonesia Raih Medali Emas


 



Sumber : Antara, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x