Kompas TV olahraga sports

Timnas Basket Putri Cetak Sejarah di SEA Games, Erick Thohir: Karena Perbasi Profesional

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 22:20 WIB
timnas-basket-putri-cetak-sejarah-di-sea-games-erick-thohir-karena-perbasi-profesional
Pebasket putri Indonesia Henny Sutjiono (kedua kiri) melakukan dribble dibayangi pemain Kamboja Jasmine Davina (kiri) saat pertandingan Basket 5X5 SEA Games 2023 di Elephant Hall 2, Morodok Techo Indoor Sports Center, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kesuksesan Timnas Basket Putri Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2023 adalah buah profesionalitas Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). 

Seperti diketahui, Timnas Basket Putri 5 on 5 Indonesia mencetak sejarah dengan pertama kalinya meraih medali emas SEA Games. 

Timnas Basket Putri Indonesia berhasil mendapatkan emas dengan sempurna, yaitu tak pernah kalah melawan seluruh negara yang berpartisipasi. 

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Tim Bola Basket Putri Indonesia Rebut Medali Emas di SEA Games 2023

“Ini sejarah yang luar biasa untuk bola basket putri Indonesia. Anda adalah pahlawan bangsa. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Selamat untuk Perbasi,” kata Erick Thohir, Minggu (14/5/2023) dikutip dari Antara. 

Dalam perjalanannya, Skuad Merah Putih membuka laga dengan kemenangan atas Vietnam pada Selasa dengan skor 67-62.

Satu hari setelahnya, timnas menang tipis atas Thailand 70-69. Pada Kamis, giliran Malaysia yang menjadi korban ketangguhan Indonesia dengan mengunci kemenangan 85-57.

Kemudian Indonesia menekuk tim kuat FIlipina dengan skor 89-68, 100-54 melawan Kamboja, dan terakhir mengatasi Singapura dengan skor 86-39. 

Erick Thohir menyebut kesuksesan Timnas Basket Putri 5 on 5 ini adalah buah dari Perbasi yang profesional dan transparan. 

“Perbasi sudah bertahun-tahun membuktikan seperti ini. Bahwa Perbasi memiliki manajemen profesional dan transparan. Bahkan Perbasi sejak awal keras dalam menghukum para pemain kalau ada mengatur, match fixing," papar Erick.

Baca Juga: SEA Games 2023: Pemain Timnas Basket Indonesia Tersengat Tomcat, Keluhkan Fasilitas Penginapan Buruk

"Itulah bagaimana menciptakan liga yang baik. Salut sama Perbasi yang bekerja konsisten dan fokus."

Selain dari sektor 5 on 5, Timnas Basket Putri Indonesia juga meraih medali perunggu dari nomor 3x3. 

Selain itu, pada SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia juga membuat sejarah. Timnas Basket Putra untuk pertama kalinya mendapatkan medali emas. Di babak final, Garuda mengalahkan raksasa ASEAN, Filipina. 


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x