Kompas TV nasional politik

Ditanya soal Kritikan Anies Baswedan terkait Subsidi Mobil Listrik, Jokowi Hanya Lempar Senyum

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 22:00 WIB
ditanya-soal-kritikan-anies-baswedan-terkait-subsidi-mobil-listrik-jokowi-hanya-lempar-senyum
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya tersenyum saat disinggung soal kritikan Anies Baswedan terhadap subsidi mobil listrik, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan merepons terkait kritik Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap subsidi mobil listrik.

Adapun pertanyaan terkait kritik Anies atas pemberian subsidi untuk mobil listrik tersebut dilontarkan awak media, sesuai Jokowi menghadiri acara Musyawarah Rakyat atau Musra Relawannya di Istora Senayan, Jakarta.

Terkait pertanyaan tersebut, Jokowi pun hanya melontarkan senyum sembari mengangkat tangannya yang mengisyaratkan untuk menyudahi tanya jawab dengan media.

Tanpa sepatah kata apa pun, orang nomor satu di Indonesia ini pun lanjut meninggalkan lokasi acara.

Diberitakan sebelumnya, kritik terkait subsidi mobil listrik disampaikan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan saat acara deklarasi relawan Amanat Indonesia pada Minggu (7/5) lalu.

Anies berujar kebijakan subsidi dan insentif untuk pembelian kendaraan listrik dinilai tidak tepat jika tujuannya adalah menekan emisi karbon.

Pasalnya, menurut Anies, emisi karbon mobil listrik per kapita dan per kilometer justru lebih tinggi daripada emisi karbon bus berbahan bakar minyak.  

Baca Juga: Anies Kritik Kebijakan Subsidi Kendaraan Listrik Pemerintah: Mobil Listrik Bukan Solusi Lingkungan!

"Kenapa itu bisa terjadi? Karena bus memuat orang banyak, sedangkan mobil memuat orang sedikit," kata Anies.

"Ditambah lagi ketika kendaraan pribadi berbasis listrik, dia tidak akan menggantikan mobil di garasi. Dia akan menambah mobil di jalan, dia akan menambah kemacetan di jalanan," lanjut Anies.

Kritikan Anies ini pun mendapat tanggapan dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut menyebut mobil listrik sudah tepat sebagai solusi mengurangi polusi udara karena sudah melalui studi menyeluruh dan menjadi tren di seluruh dunia.

"Saya kira enggak ada lah itu polusi. Mobil listrik sudah ada studi yang komprehensif. Saya kira seluruh dunia, bukan hanya kita. Jangan lawan arus dunia," ujar Luhut, Selasa (9/5).

Baca Juga: PPP Kritik Balik Anies Soal Mobil Listrik: Waktu Jadi Gubernur Kasih Banyak Keringanan Juga


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x