Kompas TV ekonomi perbankan

Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI, BCA dan Mandiri Terbaru 2023, Simak di Sini

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 17:24 WIB
syarat-dan-cara-pengajuan-kur-bri-bca-dan-mandiri-terbaru-2023-simak-di-sini
Ilustrasi. Pelayanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI. (Sumber: Kontan.co.id/ CHEPPY A MUCHLIS)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah bank seperti BRI, BCA, dan Mandiri tengah membuka penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023.

KUR adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada individu/perseorangan skala UMKM yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

KUR biasanya dimanfaatkan oleh nasabah yang membutuhkan modal. Selain itu, pinjaman ini bisa untuk keperluan investasi, pengembangan usaha, berbagai biaya dan kewajiban usaha, dan sebagainya.

Bagi yang ingin mengajukan KUR 2023 di salah satu bank tersebut, sebaiknya simak syarat dan cara pendaftarannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. KUR BRI 2023

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sudah memulai penyaluran KUR sejak Maret 2023 lalu. Sesuai ketentuan dari pemerintah, terdapat perbedaan ketentuan dalam penyaluran KUR 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Khususnya mengenai suku bunga KUR BRI di tahun ini. Peminjam KUR yang baru pertama kali pinjam akan dikenakan bunga sebesar 6 persen, efektif per tahun, untuk pinjaman di atas Rp10 juta (KUR Mikro dan KUR Kecil). 

Namun jika sudah pernah meminjam lebih dari satu kali, bunga akan naik menjadi 7 persen saat mengambil pinjaman KUR yang kedua kalinya. Kemudian naik 8 persen untuk pinjaman yang ketiga dan seterusnya sampai ke 9 persen.

Baca Juga: BRI Siapkan Rp270 T untuk KUR 2023, Ini Cara Ajukan KUR BRI secara Online

Adapun persyaratan untuk mendapatkan KUR BRI 2023 adalah sebagai berikut:

KUR Super Mikro

  • Belum pernah menerima KUR.
  • Belum pernah menerima kredit/pembiayaan investasi/modal kerja komersial, kecuali kredit konsumsi untuk keperluan rumah tangga; kredit skema/skala ultra mikro atau sejenisnya; dan/atau pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital.

Dokumen:

  • Memiliki NIB atau Surat Keterangan Usaha (Kelurahan, RT/RW) dan menyebutkan jenis usaha dan lama usaha.

KUR Mikro

  • Belum pernah menerima kredit/pembiayaan investasi/modal kerja komersial, kecuali: kredit konsumsi untuk keperluan rumah tangga; kredit skema/skala ultra mikro atau sejenisnya; dan/atau pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital.
  • Waktu pendirian usaha minimal 6 bulan.

Dokumen:

  • Identitas (e-KTP/surat keterangan pembuatan e-KTP, KK, akta nikah).
  • Memiliki NIB atau surat keterangan usaha (Kelurahan, RT/RW) atau surat keterangan domisili usaha.
  • Untuk plafon di atas Rp50 juta wajib memiliki NPWP.

KUR Kecil

  • Belum pernah menerima kredit/pembiayaan investasi/modal kerja komersial, kecuali: kredit konsumsi untuk keperluan rumah tangga; kredit skema/skala ultra mikro atau sejenisnya; dan/atau pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital.
  • Waktu pendirian usaha minimal 6 bulan.
  • Wajib ikut serta dalam program BPJS.

Dokumen:

  • Identitas (e-KTP/Surat Keterangan Pembuatan e-KTP, KK, Akta Nikah).
  • SIUP TDP NPWP SITU, IUMK atau surat keterangan usaha lainnya.   
  • Wajib memiliki NPWP.

Informasi lebih lanjut terkait KUR BRI 2023 dan cara pengajuannya dapat dilihat bri.co.id.

2. KUR BCA 2023

Bank Central Asia atau BCA memiliki produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para pengusaha dengan skala usaha kecil dan menengah. 

Dilansir dari laman resmi BCA, pinjaman KUR BCA menawarkan suku bunga kompetitif yang lebih rendah dan fixed selama periode tertentu sebesar 6 persen p.a dari pemerintah dan tidak dikenakan biaya provisi dan administrasi. 

Sebelum mengajukan pinjaman KUR BCA, nasabah perlu mengenali jenis dan limit pinjaman yang disediakan. Sehingga nasabah dapat memilih limit pinjaman yang disediakan sesuai dengan kebutuhan.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x