Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Indonesia vs Vietnam: Menang 3-2, Garuda Muda Tembus Final SEA Games 2023 secara Dramatis

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 18:17 WIB
hasil-indonesia-vs-vietnam-menang-3-2-garuda-muda-tembus-final-sea-games-2023-secara-dramatis
Para pemain Timnas U22 Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Kamboja dalam pertandingan grup A sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Pertandingan Timnas U22 Indonesia vs Vietnam U22 dalam semifinal SEA Games Kamboja 2023 pada Sabtu (13/5/2023), berkesudahan dengan skor 3-2.

Indonesia yang mesti menyelesaikan laga ini dengan sepuluh pemain usai Pratama Arhan mendapat kartu merah, sukses mencetak gol kemenangan di penghujung laga.

Laga Indonesia vs Vietnam sendiri dilangsungkan di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5) sore waktu setempat. Anak asuh Indra Sjafri sempat unggul cepat dalam laga ini.

Pada menit ke-10, Komang Teguh Trisnanda sukses menjebol gawang Vietnam. Gelandang Borneo FC ini menjebol gawang lawan dengan memanfaatkan lemparan ke dalam dari Pratama Arhan.

Baca Juga: Debut di SEA Games 2023, Lifter Muda Lampung Bawa Pulang Medali Perunggu Angkat Besi 55 Kg

Usai kebobolan satu gol, Vietnam mulai menaikkan tekanan. Pada menit ke-36, Vietnam pun sukses menyamakan kedudukan via aksi Nguyen Van Tung.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Ketika babak kedua belum genap sepuluh menit, Indonesia memasukkan gol kedua melalui aksi Marselino Ferdinan.

Lagi-lagi berawal dari lemparan ke dalam Arhan. Pemain Tokyo Verdy itu mengirim lemparan ke dalam yang ditepis kiper lawan. Namun, Marselino sigap menyambar bola dari luar kotak penalti dan menjadikan skor 2-1.

Meskipun demikian, pada menit ke-60, petaka menghampiri Indonesia. Arhan diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua. Sebelumnya, pada babak pertama, Pratama Arhan telah diganjar kartu kuning.

Vietnam kemudian mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-79, umpan silang Nguyen Ngoc Thang memaksa Bagas Kaffa menceploskan gol bunuh diri. Skor 2-2.

Timnas Indonesia kemudian lolos ke final secara dramatis di penghujung laga. Pada menit keenam injury time, Taufanny Muslihuddin mampu menjebol gawang Vietnam dan mengunci skor menjadi 3-2.

Skor 3-2 bertahan hingga laga bubaran. Indonesia pun berhak lolos ke final sepak bola putra SEA Games 2023 dan akan menghadapi pemenang laga Thailand U22 vs Myanmar U22.

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam

Indonesia: Ernando Ari, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Pratama Arhan, Muhammad Fajar, Alfeandra Dewangga.

Vietnam: Van Chuan Quan; Tuan Tai Phan, Quang Thinh Tran, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Minh Trong, Nguyen Duc Phu.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x