Kompas TV nasional rumah pemilu

Komeng Daftarkan Diri Jadi Bakal Calon Anggota DPD, Berhasil Kumpulkan 6.000 Dukungan Warga

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 19:07 WIB
komeng-daftarkan-diri-jadi-bakal-calon-anggota-dpd-berhasil-kumpulkan-6-000-dukungan-warga
Komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng (dua kanan) mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI dapil Jawa Barat ke kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Sabtu (13/4/2023). (Sumber: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV - Komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng, resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan Jawa Barat, Sabtu (13/5/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) Rifqi Ali Mubarok menyampaikan, Komeng merupakan warga yang tercatat berdomisili di Bogor dan sudah melalui tahap verifikasi administrasi serta verifikasi faktual sebelum melakukan pendaftaran pada hari ini.

"Bakal calon yang melakukan pendaftaran itu menyerahkan dokumen persyaratan, berupa surat keterangan kelakuan baik yang paling penting dari kepolisian, surat keterangan tidak dipidana secara hukum dari pengadilan, kesehatan jasmani dan rohani dan narkotika, dan kelengkapan lainnya," kata Rifqi di kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Sabtu, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Once Mekel hingga Denny Cagur Jadi Bakal Caleg PDIP pada Pemilu 2024

Menurut Rifqi, Komeng bisa mendaftar sebagai bakal calon DPD RI setelah mengumpulkan sekitar 6.000 dukungan warga yang dibuktikan dengan salinan kartu tanda penduduk (KTP).

Selain Komeng, figur publik lainnya yang turut mendaftar sebagai bakal calon DPD RI dapil Jawa Barat adalah Ogie (anggota grup komedian SOS bersama Sule), Jihan Fahira (artis sinetron), dan Rifki Kartini alias Kiki Kinanti (pemain sinetron Preman Pensiun).

"(Figur publik) ada peningkatan, kalau sebelumnya kan cuma Oni, sekarang Oni nggak ikut, turun ke Ogi. Juga sekarang ditambah Komeng, Jihan, dan Rifki," kata dia.

Menurut pantauan Antara, Komeng mendaftarkan diri didampingi rekan-rekannya, antara lain Jarwo Kwat, Bopak Castello, Daus Separo, dan Rudi Sipit.

Komeng menjelaskan, dirinya sering menyampaikan satir terkait kondisi bangsa ketika menjadi komedian.

Menurutnya, dengan mendaftar sebagai anggota DPD, dia berharap satir-satirnya itu bisa membawa perubahan bagi bangsa.

"Mudah-mudahan dengan komedi, saya memang tidak bisa begitu menyejahterakan masyarakat Jawa Barat, tapi paling tidak, saya bisa membahagiakan karena dengan komedi itu pemantik untuk kebahagiaan," kata Komeng.

Baca Juga: PBB Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU, Yusril Targetkan Parliamentary Threshold Tembus 4 Persen


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x