Kompas TV internasional kompas dunia

Pertama Kali Hadir KTT usai Gabung ASEAN, PM Timor Leste: Terima Kasih, Yang Mulia Joko Widodo

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 15:46 WIB
pertama-kali-hadir-ktt-usai-gabung-asean-pm-timor-leste-terima-kasih-yang-mulia-joko-widodo
Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak memberikan paparan pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023). (Sumber: Rivan Awal Lingga/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak menyampaikan terima kasih kepada Indonesia karena dinilai membantu negara itu bergabung ASEAN. Hal tersebut disampaikan PM Ruak dalam pembukaan sesi pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).

KTT ASEAN di Labuan Bajo adalah kali pertama Timor Leste hadir di konferensi negara Asia Tenggara tersebut usai disetujui menjadi anggota pada November 2022 lalu. Timor Leste hadir dalam KTT kali ini sebagai peserta peninjau, belum menjadi anggota penuh.

Baca Juga: Sepeda Bambu Flores Jadi Suvenir KTT ASEAN, Pernah Dipakai Jokowi Gowes Bareng PM Australia

“Terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo, Presiden Indonesia, Ketua ASEAN 2023, atas dukungan dan komitmennya selama ini, yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi dalam KTT yang bersejarah ini," kata PM Ruak dikutip Antara, Rabu (10/5).

“Bergabungnya Timor Leste merupakan momentum bersejarah karena dapat memberikan dampak yang positif dalam berbagai sektor, baik ekonomi maupun sosial. Dengan begitu, berbagai pembangunan yang telah dilakukan dapat terus dilakukan," sambungnya.

Lebih lanjut, PM Ruak menyampaikan bahwa negaranya akan mengikuti tindak lanjut peta jalan masuknya Timor Leste ke ASEAN yang telah disepakati negara-negara anggota. Usai proses tersebut diselesaikan, Timor Leste dapat menjadi anggota penuh ASEAN.

Sebelumnya, pada Selasa (9/5) lalu, Jokowi menyempatkan diri mengadakan pertemuan diplomatik dengan Ruak di Labuan Bajo. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengucapkan selamat bergabung ke ASEAN kepada Timor Leste.

Keanggotaan Timor Leste sendiri menjadi salah satu pokok bahasan dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. KTT tahun ini diharapkan menghasilkan sejumlah dokumen,  antara lain tentang Visi ASEAN pasca-2025, penguatan kapasitas ASEAN, dan keanggotaan penuh Timor Leste.

Baca Juga: Jokowi Sambut Kepala Negara ASEAN, Ucapkan Selamat Bergabung ke Timor Leste


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x