Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sebut Perbaikan Jalan Rusak Diambil Alih Pemerintah Pusat, Gubernur Lampung Tepuk Tangan

Kompas.tv - 6 Mei 2023, 00:05 WIB
jokowi-sebut-perbaikan-jalan-rusak-diambil-alih-pemerintah-pusat-gubernur-lampung-tepuk-tangan
Momen Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tepuk tangan saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan akan mengambil alih perbaikan jalan rusak di Lampung, Jumat (5/5/2023). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bertepuk tangan saat Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan ruas jalan rusak di Lampung.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam kunjungannya ke Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023), pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membantu perbaikan ruas jalan yang rusak.

"Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, baik jalan kota yang rusak parah,” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Menurut Presiden, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing, yaitu pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. 

Akan tetapi, melihat kondisi jalan rusak yang sudah lama, Jokowi menuturkan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung.

“Tetapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Arinal Djunaidi yang ikut mendampingi Jokowi dan berada di belakang Presiden sontak bertepuk tangan setelah mendengar pernyataan tersebut.

Baca Juga: Jalan Rusak di Lampung Segara Diperbaiki Usai Kunjungan Jokowi, Perlu Viral Dulu?

Gubernur Lampung itu juga terihat mengucapkan syukur alhamdulillah melalui mulutnya.

Dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat ini, Arinal Djunaidi pun berharap masyarakat sekitar dan pengusaha harus bisa menjaga apabila nanti jalan yang rusak sudah diperbaiki.

Menurutnya, banyaknya jalan rusak di Lampung salah satunya disebabkan kelebihan tonase kendaraan milik perusahaan.

"Hanya satu yang saya minta karena sudah dibantu oleh Presiden, maka masyarakat sekitar serta pengusaha harus menjaganya," kata Arinal Djunaidi dikutip dari Antara.

"Pengusaha harus menyadari kemampuan tonase, jangan berlebihan. Dan nanti akan dilakukan penertiban bersama Polda," imbuhnya.

Lebih dari itu, apabila memang ada yang terbukti melanggar, dirinya mengatakan akan diambil tindakan tegas salah satunya dengan melakukan lelang.

"Kita harus tegas mengenai ini, kalau tidak mau dilelang saja," sebutnya.

Baca Juga: Jalan Rusak, Gubernur Lampung Minta Warganya Ketahui Kapasitas Tonase Jalan


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x