Kompas TV olahraga sports

SEA Games 2023: Indonesia Raih Medali Pertama lewat Cabor Kun Bokator

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 18:58 WIB
sea-games-2023-indonesia-raih-medali-pertama-lewat-cabor-kun-bokator
Atlet Kun Bokator putra Indonesia, Alfadhila Ramadhan, bertanding pada nomor seni SEA Games 2023 di Chrouy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). Alfadhila berhasil meraih medali perak dengan skor 7,67. (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

PNOM PENH, KOMPAS.TV - Atlet kun bokator Indonesia, Alfadhila Ramadhan, menjadi penyumbang medali pertama untuk kontingen Merah Putih pada SEA Games 2023 Kamboja.

Alfadhila membuka keran medali Indonesia usai meraih perak pada nomor bokator spirit form perseorangan putra di Hall C Chroy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Kamis (4/5/2023).

Dia mampu tampil bagus memperagakan seni bela diri asal Kamboja tersebut. Dia pun berhasil mendapatkan nilai 7,67 dari juri yang bertugas. 

Atlet kelahiran 24 November 2001 itu pun bersyukur bisa menyumbang medali pertama untuk Indonesia melalui cabang olahraga kun bokator.

Pasalnya, kun bokator merupakan cabang yang baru ditekuni atlet Indonesia di mana Kamboja, Laos, dan Myanmar sudah lebih familiar dengan olahraga tersebut.

"Bersyukur bisa dapat perak meskipun memang targetnya adalah emas. Semoga pada ajang-ajang selanjutnya saya bisa meraih medali emas," kata Alfadhila dikutip dari Antara.

Atlet asal Depok, Jawa Barat itu mengungkapkan, ia baru menekuni kun bokator sejak enam bulan lalu, dalam persiapan SEA Games Kamboja. Sebelumnya, Alfadhila tercatat sebagai atlet pencak silat.

Baca Juga: Menpora Resmi Kukuhkan 884 Atlet Ke SEA Games 2023

"Saya masuk mess (pemusatan latihan nasional) pada November 2022. Tantangannya dengan pencak silat ada pada kuda-kudanya karena harus stand by. Sedangkan pencak silat itu full power, power dan ada gerakan lihainya," ujarnya.

"Kalau ini benar-benar full di kategori saya, monoton. Jadi itu tantangan untuk melawan boring-nya itu yang susah karena di silat kan banyak jurusnya," imbuh Alfadhila.

Secara keseluruhan, ada lima atlet yang tampil pada nomor perseorangan bokator spirit form putra.

Dua di antaranya adalah atlet tuan rumah, Punleu Pichmorakoth dan Suttovanna Nalongkone, ditambah atlet asal Filipina, Fred Cruz Jizmundo Zanro, dan wakil Myanmar, Oo Chit Hlaing.

Medali emas sendiri diraih oleh Pichmorakoth yang mendapatkan nilai 8,00. Sementara perunggu diraih Oo Chit Hlaing dengan nilai 7,33.

Dalam pertandingan cabang olahraga kun bokator yang digelar Kamis hari ini, Indonesia menurunkan enam atlet.

Selain Alfadhila Ramadhan, ada Riana Oktavia (bokator spirit form perseorangan putri), Gema Nur Arifin (shield form perseorangan putra - bamboo), Delsya Anggraeni (shield form perseorangan putri - bamboo), Dzaki Fadhlurrohman (hands form perseorangan putra - bare), dan Dwi Jayanti (hands form perseorangan putri - bare). 

Baca Juga: Hasil Timnas U22 Indonesia vs Myanmar: Ramadhan Sananta Brace, Garuda Muda Pesta Lima Gol


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x