Kompas TV video vod

Cuaca Panas Ekstrem, Warga Rembang Eksperimen Goreng Telur dan Kerupuk di Bawah Sinar Matahari

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 15:53 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Ikbal Maulana

REMBANG, KOMPASTV - Cuaca panas ekstrem yang masih melanda Indonesia digunakan oleh warga di Rembang, Jawa Tengah untuk bereksperimen dengan menggoreng telur dan kerupuk di bawah sinar matahari.

Saat eksperimen ini dilakukan, suhu saat itu sedang mencapai 35 derajat celsius.

Panas ekstrem yang terjadi di Indonesia sejak beberapa waktu terakhir dimanfaatkan oleh warga  Rembang, Jawa Tengah untuk melakukan eksperimen atau uji coba cuaca panas dengan memasak makanan dengan bantuan terik matahari.

Tanpa kompor dan api tungku, mereka memanfaatkan terik matahari untuk menggoreng kerupuk dan telur di wajan yang diletakan di atas seng.

Kerupuk dan telur yang digoreng pun menjadi matang dan hasilnya cukup memuaskan. Suhu di wilayah Kabupaten Rembang saat eksperimen ini dilakukan berkisar 32 hingga 35 derajat celsius.

Berdasarkan hasil eksperimen dalam kondisi cuaca panas, proses pemanasan minyak di wajan dengan bantuan sinar matahari ini membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Berdasarkan data BMKG, suhu panas ini diperkirakan masih akan terjadi hingga Oktober mendatang.

Cuaca panas ekstrem biasanyanya akan terasa antara pukul 10 pagi hingga 4 sore, warga diimbau untuk menghindari paparan sinar UV secara langsung.

Selain menggunakan pelindung seperti topi dan kacamata hitam, warga juga diimbau menggunakan pelembab tabir surya dengan minimal SPF 30 dan diulangi setiap 2 hingga 3 jam.

Baca Juga: BMKG: Beberapa Wilayah Perairan Indonesia Berpotensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x