Kompas TV nasional humaniora

Tema dan Kumpulan Ucapan Hari Buruh 2023 dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 10:35 WIB
tema-dan-kumpulan-ucapan-hari-buruh-2023-dalam-bahasa-inggris-dan-indonesia
Ilustrasi. Hari Buruh 2023 (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Warga di beberapa negara memperingati tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh atau May Day, termasuk di Indonesia.

Hari Buruh 2023 jatuh pada Senin (1/5/2023). Sejumlah pekerja di Indonesia pun sudah merencanakan aksi di berbagai kota.

Sejarah Hari Buruh di Tanah Air tidak terlepas dari gerakan para pekerja di seluruh dunia. Peringatan ini kemudian rutin dirayakan di banyak kota pada masa reformasi.

Saat itu para buruh mengusung berbagai tuntutan mulai dari kesejahteraan hingga penghapusan sistem alih daya. 

BJ Habibie sebagai presiden pertama di era reformasi melakukan ratifikasi konvensi Internasional Labour Organization (ILO) Nomor 81 tentang Kebebasan Berserikat Buruh. 

Pada 1 Mei 2013, terjadi peristiwa sejarah Hari Buruh yang penting di Indonesia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan hari buruh sebagai hari libur nasional. 

Sejak saat itulah, 1 Mei selalu menjadi ajang buruh untuk menuntut hak-haknya, mulai dari upah yang pembayarannya tertunda, jam kerja dan upah yang layak, hak cuti hamil, hak cuti haid, hingga Tunjangan Hari Raya (THR).

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Buruh Internasional, Partai Buruh Siap Gelar Aksi

Tema Hari Buruh 2023

Melansir ILO, tema Hari Buruh 2023 adalah World Day for Safety and Health at Work 2023 atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023

Artinya, lingkungan kerja yang aman dan sehat merupakan prinsip dasar dan hak di tempat kerja. 

Ucapan Hari Buruh 2023

1. All workers should be recognized for their hard work and dedication. May they receive fair compensation for their efforts. Happy Labour Day.

(Semua pekerja harus diakui atas kerja keras dan dedikasi mereka. Semoga mereka menerima kompensasi yang adil atas upaya mereka. Selamat Hari Buruh).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x