Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan 20 Rudal dan Drone Rusia di Ukraina Tewaskan Belasan Orang

Kompas.tv - 28 April 2023, 23:02 WIB
serangan-20-rudal-dan-drone-rusia-di-ukraina-tewaskan-belasan-orang
Petugas Ukraina membawa jenazah korban rudal Rusia di Uman, Ukraina Tengah, Jumat (28/4/2023). Rusia menembakkan lebih dari 20 rudal jelajah dan dua drone ke Ukraina pada Jumat dini hari (28/4/2023), menewaskan setidaknya 19 orang, hampir semuanya saat dua rudal menabrak gedung apartemen di pusat negara itu. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

UMAN, KOMPAS.TV - Rusia menembakkan lebih dari 20 rudal jelajah dan dua drone ke Ukraina pada Jumat dini hari (28/4/2023), menewaskan setidaknya 19 orang, hampir semuanya saat dua rudal menabrak gedung apartemen di pusat negara itu, kata pejabat. Tiga anak termasuk di antara korban tewas, seperti dilaporkan oleh Associated Press.

Serangan rudal termasuk serangan pertama terhadap ibu kota Ukraina, Kiev, dalam hampir dua bulan, meskipun tidak ada laporan target yang terkena. Pemerintah kota mengatakan pasukan udara Ukraina mengintersep 11 rudal jelajah dan dua kendaraan udara tak berawak di atas Kiev.

Serangan di gedung apartemen 9 lantai di Ukraina tengah terjadi di Uman, kota yang terletak sekitar 215 kilometer (134 mil) di selatan Kiev. Tujuh belas orang tewas dalam serangan itu, menurut gubernur wilayah ibu kota, Ihor Taburets. Mereka termasuk dua anak berusia 10 tahun dan seorang balita.

Kepolisian nasional Ukraina mengatakan 17 orang terluka dan tiga anak diselamatkan dari puing-puing. Sembilan orang dirawat di rumah sakit.

Serangan itu tidak terjadi di garis depan perang atau zona pertempuran aktif di Ukraina timur, di mana perang atrisi telah berlangsung. Moskow sering melakukan serangan rudal jarak jauh selama 14 bulan perang, sering kali secara tidak diskriminatif menghantam daerah sipil.

Pejabat dan analis Ukraina mengeklaim serangan seperti itu sebagai bagian dari strategi intimidasi yang disengaja oleh Kremlin.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan rudal jelajah jarak jauh terbaru yang diluncurkan semalam ditujukan ke tempat-tempat di mana unit cadangan militer Ukraina tinggal sebelum dikerahkan ke medan perang.

"Serangan itu mencapai tujuannya. Semua fasilitas yang disasar telah terkena," kata Letnan Jenderal Igor Konashenkov, juru bicara Kementerian Pertahanan. Dia tidak menyebutkan area atau gedung tinggal tertentu yang terkena dampak.

Baca Juga: Impor Minyak India dari Rusia Catat Rekor Tertinggi, Perang Ukraina Makin Sengit Impor Kian Naik

Gedung apartemen di Uman, Ukraina Tengah, terkena hantaman rudal Rusia, Jumat (28/4/2023). Rusia menembakkan lebih dari 20 rudal jelajah dan dua drone ke Ukraina pada Jumat dini hari, (28/4/2023) menewaskan setidaknya 19 orang, hampir semuanya saat dua rudal menabrak gedung apartemen di pusat negara itu. (Sumber: AP Photo)

Yulia Norovkova, juru bicara tim penyelamat darurat di tempat kejadian, mengatakan sukarelawan lokal membantu hampir 150 personel darurat. Dua pos bantuan, termasuk psikolog, beroperasi, katanya.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa ia dan pemimpin China, Xi Jinping, melakukan pembicaraan telepon "panjang dan bermakna" di mana Xi mengatakan pemerintahnya akan mengirim utusan perdamaian ke Ukraina dan negara-negara lain.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan serangan hari Jumat menunjukkan Kremlin tidak tertarik untuk menyelesaikan konflik.

"Serangan rudal yang membunuh warga Ukraina yang tidak bersalah dalam tidurnya, termasuk seorang anak berusia 2 tahun, adalah respons Rusia terhadap semua upaya perdamaian," katanya di Twitter. "Satu-satunya jalan menuju perdamaian adalah mengusir Rusia dari Ukraina."




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x