Kompas TV regional sulawesi

Naik Kapal Perang, Pemudik Antusias Balik ke Jakarta

Kompas.tv - 27 April 2023, 14:46 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ratusan pemudik yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kota Semarang, serta Kabupaten Grobogan antusias mengikuti program Mudik Gratis dengan naik kapal perang TNI Angkatan Laut, yang akan diberangkatkan ke Jakarta dengan tujuan akhir Tanjung Priok.

Sebagian besar pemudik adalah pemudik motor yang biasanya mudik dan balik lewat jalan darat.

“Daripada naik bus, enakan naik kapal. Tempat tidurnya ada, makannya ada, mau santai juga bisa,” kata Mujafar, pemudik.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi mengatakan, menggelar mudik gratis bagi masyarakat ini menjadi salah satu tugas pokok TNI untuk membantu pemerintah daerah setempat. Ia mengapresiasi antusiasme masyarakat pada mudik dengan kapal perang.

“Evaluasinya, ayo nanti ke depan kita juga akan melaporkan pada satuan atas. Kalau memang ini sangat luar biasa antusiasnya, kemungkinan besar akan kita tambah lagi KRI untuk mudik di tahun berikutnya,” ucap Kol.Mar. Hariyono Masturi.

Sekitar pukul 11.30 WIB, KRI Banjarmasin mulai berangkat ke Jakarta mengantar para pemudik ini.

Mudik gratis menggunakan kapal ini bertujuan untuk mengurangi pemudik motor yang bisa membahayakan masyarakat. Sehingga juga bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada setiap mudik Lebaran.

Kali ini, total ada 415 warga serta 102 dua motor yang mengikuti arus balik gratis dengan KRI Banjarmasin dari Surabaya dan Semarang dengan tujuan Jakarta.

#mudikgratis #kribanjarmasin #tniangkatanlaut



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x