Kompas TV nasional peristiwa

Polri Ungkap Kondisi Pilot Susi Air Terkini hingga Respons KKB yang Minta Diserang Pakai Bom

Kompas.tv - 26 April 2023, 22:18 WIB
polri-ungkap-kondisi-pilot-susi-air-terkini-hingga-respons-kkb-yang-minta-diserang-pakai-bom
Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. (Sumber: Pendam XVII Cenderawasih)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Donny Charles Go, mengungkapkan kondisi terkini pilot Susi Air, Phillip Mark Mehrtens yang hingga kini masih disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Berdasarkan hasil analisis tim gabungan TNI dan Polri, kata Donny, pilot asal Selandia Baru tersebut dalam keadaan sehat.

Baca Juga: KKB Disebut Ajak Pelajar Serang TNI dan Polri di Papua, Kapendam: Warga Mulai Melakukan Perlawanan

Selain hasil analisis, Donny mengatakan, terdapat video yang beredar yang menyatakan pilot Susi Air dalam keadaan sehat dan kini masih bersama KKB.

"Dari hasil analisa tim gabungan TNI-Polri terungkap adanya informasi penting yang ditunjukkan yakni kondisi pilot dalam keadaan hidup dan sehat," kata Kombes Donny Charles Go, Rabu (26/4/2023).

Dia mengatakan, TNI-Polri masih mendalami video yang menampilkan pilot Susi Air yang disandera sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua itu.

Video yang beredar di media sosial itu diketahui memperlihatkan orang yang diduga pilot Susi Air tengah diapit dua anggota KKB dari kelompok Egianus Kogoya.

Dalam video itu, terungkap informasi yang beredar terkait adanya permintaan untuk menyerang kelompok KKB dengan menggunakan bom.

Baca Juga: Anggota TNI yang Tewas akibat Diserang KKB Bertambah Jadi 5, Panglima TNI Ucap Belasungkawa

Namun, kata Donny, dapat dipastikan bahwa informasi tersebut adalah propaganda yang sengaja dibuat untuk menyudutkan TNI dan Polri.

Menurut dia, TNI dan Polri yang berada di lapangan saat ini hanya berupaya untuk mempersempit ruang gerak KKB yang menyandera pilot Susi Air.

Kalaupun ada serangan dari TNI-Polri, kata dia, itu merupakan tembakan balasan atas serangan KKB yang mengancam jiwa masyarakat sipil dan anggota TNI-Polri.

"TNI-Polri tidak menggunakan bom saat bertugas di lapangan dan tetap berupaya mengedepankan pendekatan persuasif agar pilot Susi Air dapat dibebaskan dengan selamat dan sehat," kata Kombes Donny Charles Go.

Baca Juga: Soal Siaga Tempur TNI di Papua, Pengamat: Pasukan Jangan Ragu Lepas Tembakan jika Ada Serangan KKB


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x