Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mi Instan Ini Disebut Mengandung Zat Pemicu Kanker, Bos Indofood: Kita Sudah Ikuti Persyaratan

Kompas.tv - 26 April 2023, 09:52 WIB
mi-instan-ini-disebut-mengandung-zat-pemicu-kanker-bos-indofood-kita-sudah-ikuti-persyaratan
Ilustrasi mi instan. Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang menyatakan, dalam memasarkan produknya Indofood selalu mematuhi persyaratan BPOM dan negara tujuan ekspor. (Sumber: shutterstock/kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Otoritas Taiwan menemukan zat penyebab kanker di dua produk mi instan. Yakni "Ah Lai White Curry Noodles" dari Malaysia dan sejumlah "Indomie: Rasa Ayam Spesial" dari Indonesia. 

Departemen Kesehatan Taiwan menyebut kedua produk itu sama-sama mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

Menanggapi hal itu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang menyatakan, dalam memasarkan produknya Indofood selalu mematuhi persyaratan BPOM dan negara tujuan ekspor.

"Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar Badan kesehatan negara pengimpor," kata Franciscus seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: Indomie Rasa Ayam Spesial di Taiwan Diduga Mengandung Etilen Oksida, Indofood Buka Suara

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, GM Corporate Relation Indofood Stefanus Indrayana menyatakan, pihaknya saat ini masih terus mempelajari temuan tersebut.

Ia menambahkan, klarifikasi resmi akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

"Sedang kami pelajari dan klarifikasi lebih lanjut," kata Stefanus dalam pesan singkatnya, Selasa (25/4/2023).

Pihak BPOM juga belum memberi pernyataan resmi terkait hal ini.

Sebelumnya, dilansir dari Strait Times, Kementerian Kesehatan Taipei pada Senin (24/4/2023) kemarin merilis hasil pemeriksaan terhadap mi instan yang tersedia di negara tersebut pada tahun 2023.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x