Kompas TV nasional rumah pemilu

Nama Ganjar Pranowo Dominan Diusulkan Kader PAN Jawa Timur

Kompas.tv - 25 April 2023, 18:48 WIB
nama-ganjar-pranowo-dominan-diusulkan-kader-pan-jawa-timur
Ketua DPW PAN Jawa Timur Rizki Sadig, dalam Kompas Petang, Selasa (25/4/2023) menyebut Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dominan diusulkan sebagai calon presiden (capres) oleh kader PAN di Jawa Timur. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dominan diusulkan sebagai calon presiden (capres) oleh kader Partai Amanat Nasional (PAN) di Jawa Timur.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua DPW PAN Jawa Timur Rizki Sadig dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (25/4/2023).

Menurut Rizki, sebelumnya ada lima nama yang muncul dalam usulan DPW PAN Jawa Timur, salah satunya adalah nama Ganjar Pranowo.

“Kalau tokoh-tokohnya, saya kira salah satu nama yang muncul di situ adalah nama Pak Ganjar Pranowo,” tuturnya menjawab pertanyaan tentang usulan DPW PAN Jawa Timur mengerucut ke mana.

“Dulu juga ada kemunculan nama Pak Anies Baswedan. Ada lima nama yang kita usulkan dari Jawa Timur, dan saya kira itu juga representasi dari seluruh pengurus PAN se-Jawa Timur.”

Ia menyampaikan, dalam rapat pimpinan wilayah PAN se-Indonesia sudah memandatkan Ketua Umum PAN untuk membangun komunikasi politik tingkat nasional, yang tentunya hitung-hitungannya tidak tersorot oleh kader di daerah.

Baca Juga: Prabowo Kunjungi Mahfud MD, Siap Terima Kunjungan Balik di Hambalang

Menjawab pertanyaan tentang persentase dukungan di Jatim pada Ganjar, ia membenarkan.

“Berdasarkan data yang kita miliki, memang nama Pak Ganjar cukup dominan, selain tentunya karena kita ada di Jawa Timur, nama Bu Khofifah juga muncul.”

“Karena itu pilihan-pilihannya adalah capres dan cawapres. Ketua Umum PAN itu muncul, kemudian nama Bu Khofifah karena beliau Gubernur Jawa Timur, juga muncul dan Pak Ganjar dan Pak Anies,” imbuhnya.

Menjawab pertanyaan, apakah arus bawah PAN di Jawa Timur menginginkan agar partai itu mendekati Partai Demomkrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ia mengatakan, para kader melaksaakan rapat kerja daerah.

“Kalau di kami, di PAN Jawa Timur, saya kira bukan persoalan mendekati partai politik, tapi arahnya adalah kita mendengarkan melaksanakan rapat kerja di daerah di 38 kabupaten/kota, dan itu juga merepresantasikan seluruh kecamatan di Jawa Timur.”

Baca Juga: Wacana Pasangan Ganjar - Prabowo, PDIP: Kita Tidak Model Kawin Paksa...

“Memang ada beberapa nama yang diusulkan, dan itu sudah kita serahkan pada DPP untuk menjadi pertimbangan DPP dalam memberikan keputusan,” tegasnya.

Ia menyebut, dalam rapat pimpinan wilayah PAN se-Indonesia, menyerahkan penuh pada Ketua Umum PAN dalam membangun komunikasi politik tingkat nasional.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x