Kompas TV regional sumatra

BNPB Sebut Sejumlah Warga Mentawai Masih Mengungsi Usai Diguncang Gempa M6,9

Kompas.tv - 25 April 2023, 12:40 WIB
bnpb-sebut-sejumlah-warga-mentawai-masih-mengungsi-usai-diguncang-gempa-m6-9
Kolase foto Sejumlah warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mengungsi usai gempa M 6,9. (Sumber: Dok. Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah warga di Kabupaten Kepulaauan Mentawai, Sumatra Barat, masih bertahan di pengungsian usai gempa magnitudo (M) 6,9 yang terjadi Selasa (25/5/2023) dini hari.

Hal ini disampaikan Plt. Kapala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Selasa (25/4/2023).

"Berdasarkan informasi yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Kepulauan Mentawai, masyarakat di Desa Simalegi masih semuanya mengungsi," ujarnya.

Sama halnya dengan Desa Simalegi, di Desa Sigapona, Siberut Barat, sebagian warganya juga masih mengungsi usai gempa mengguncang Mentawai dini hari tadi.

"Demikian juga yang terjadi di Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, kemudian Kecamatan Siberut Barat, sebagian warga juga masih mengungsi," ucapnya.

"BPBD di wilayah tersebut masih melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan, khususnya pengungsian warga."

Sementara itu, lanjut Abdul, beberapa BPBD di Sumatra Barat dan Sumatra Utara melaporkan warganya telah kembali ke rumah masing-masing.

Hal tersebut dilaporkan BPBD Kota Padang dan Kabupaten Agam di Sumatra Barat, yang menyebutkan warganya telah kembali ke rumah. 

"Hal yang sama juga diinformasikan BPBD Kabupaten Nias Selatan di Sumatra Utara," ujarnya.

Baca Juga: Usai Gempa M6,9 Guncang Mentawai, SAR Ungkap Satu Dusun Belum Dapat Dipastikan Kondisinya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x