Kompas TV nasional peristiwa

Deret Fakta Gempa Mentawai Hari Ini, Tsunami 11 Cm hingga Penyebab

Kompas.tv - 25 April 2023, 07:35 WIB
deret-fakta-gempa-mentawai-hari-ini-tsunami-11-cm-hingga-penyebab
Ilustrasi Gempa M 7,3 Mentawai, Selasa (25/4/4023). sejumlah fakta terkait gempa yang mengguncang Mentawai Selasa (25/4/2023), dini hari.  (Sumber: BMKG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa bumi Magnitudo (M) 7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Selasa (25/4/2023), pukul 03.00.57 WIB.

Pasca gempa tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Untuk diketahui, gempa yang terjadi dini hari tadi terjadi di kedalaman 18 kilometer.

BMKG mencatat titik koordinat gempa berada di 0.93 Lintang Selatan dan 98.39 Bujur Timur, tepatnya 177 kilometer di Barat Laut Mentawai.

Berikut sejumlah fakta terkait gempa di Mentawai dini hari tadi: 

1. BMKG keluarkan peringatan dini tsunami

BMKG memberi peringatan dini tsunami di wilayah Sumatera Utara usai gempa M 7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Selasa (25/4) dini hari.

Peringatan dini tersebut untuk wilayah Nias Selatan Pulau Tanabala, Sumatera Utara. BMKG memberikan status waspada. 

"Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: SUMUT, Gempa Mag:7.3, 25-Apr-23 03:00:57 WIB, Lok:0.93 LS, 98.39 BT (177 km BaratLaut KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedlmn:84 Km," tulis keterangan resmi BMKG. 

Status waspada ini merupakan imbauan agar Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang bersangkutan, agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

2. Tsunami Teramati 11 Sentimeter

BMKG melaporkan tsunami dari gempa di Mentawai-Siberut teramati setinggi 11 cm pada Selasa (25/4/2023) dini hari.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, melalui akun Twitter resminya, Selasa. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Mentawai M6,9 ini BERPOTENSI TSUNAMI. Daerah yg berpotensi terdampak tsunami dengan status Waspada di Nias Selatan, P.Tanabala. Berdasarkan hasil pengamatan tinggi muka laut, tercatat ketinggian tsunami di Tanah Bala dgn ketinggian 11 cm," cuit  Daryono di akun Twitternya. 

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami, Gempa M 7,3 Guncang Kepulauan Mentawai

3. Guncangan Cukup Kuat

Guncangan akibat gempa di Kepulauan Mentawai dini hari tadi dirasakan cukup kuat di beberapa wilayah seperti Pulau Siberut, Pasaman Barat, Bukittinggi hingga Padang.

"Wilayah Dirasakan (Skala MMI) VI Siberut, VI Mentawai, V Pasaman Barat, V Padang Pariaman, V Agam, V Padang, III Gunung Sitoli, III Padang Panjang, III Pesisir Selatan, III Limapuluhkota, III Solok Selatan, III Solok, III Bukittinggi, II Labuhan Batu, II Padang Sidempuan," tulis BMKG di laman resminya, Selasa.

Untuk diketahui skala MMI (Modified Mercalli Intensity) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Skala I MMI dimaksudkan getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang, II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Lalu IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x